Hasil Panen Buruan Sae Sajajar untuk Masyarakat yang Terpapar

- Jumat, 23 Juli 2021 | 17:25 WIB
Buruan Sae di RW 05, Jalan Sekelimus Barat, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung mulai memasuki masa panen kembali. Nurhidayat bersama kelompok tani bentukannya menyulap lahan sampah menjadi lahan hijau dan bermanfaat.
Buruan Sae di RW 05, Jalan Sekelimus Barat, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung mulai memasuki masa panen kembali. Nurhidayat bersama kelompok tani bentukannya menyulap lahan sampah menjadi lahan hijau dan bermanfaat.

BANDUNG KIDUL, AYOBANDUNG.COM Sudah satu tahun sepetak tanah yang terletak di RW 05 Jalan Sekelimus Barat, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung disulap menjadi lahan hijau ditanami beberapa jenis sayuran, seperti pakcoy, kangkung, dan lainnya.

Meski tidak panen banyak, Buruan Sae nyatanya mampu membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan sayuran.

Menurut Kepala Rukun Warga (RW), Nurhidayat, hasil panen Buruan Sae di wilayahnya sering kali dibagikan kepada masyarakat yang terpapar virus corona dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Kegiatan ini juga sebagai bentuk bantuan motivasi kepada masyarakat yang terpapar untuk bisa sembuh dan beraktivitas kembali.

“Kemarin waktu pas panen cuma dibagi-bagi saja buat yang terpapar Covid. Sayuran-sayuran dibagiin ke yang terpapar karena di sini banyak (yang terpapar),” ucap Nurhidayat ketika berbincang di Buruan Sae yang dikelola bersama kelompok tani yang dibentuknya.

Selain dibagikan kepada masyarakat yang terpapar, hasil panen Buruan Sae Sajajar ini juga sering dibagikan kepada manula di sana. Misalnya saat panen ikan lele tiga bulan lalu, setiap manula mendapatkan masing-masing satu kilogram ikan lele.

Dalam waktu satu bulan, Buruan Sae Sajajar mampu memanen sayuran hingga dua kali. Meski berdiri di tanah salah satu warga, pemilik lahan sudah memberikan izin untuk pendirian Buruan Sae untuk dijadikan lahan yang lebih bermanfaat.

 “Ini awalnya lahan bekas buangan sampah di situ, biar nggak ada yang buang sampah, makanya dimanfaatin lahan ini,” ujar Nurhidayat sambil menunjuk salah satu sisi buruan Sae yang dulunya merupakan tempat pembuangan sampah warga.

Sebelumnya, Nurhidayat memang sudah berencana untuk mengubah lahan kumuh yang biasa dijadikan pembuangan sampah itu dengan menanam banyak bunga di sekitar lahan.

Namun, setelah mendapatkan rekomendasi dari kecamatan, Nurhidayat akhirnya mengajukan permohonan untuk pembuatan Buruan Sae di RW 05 kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 24 September 2021

Jumat, 24 September 2021 | 06:00 WIB

Kota Bandung Masifkan Vaksinasi Massal di Selokah

Kamis, 23 September 2021 | 16:21 WIB

1.677 Sekolah di Kota Bandung Siap PTM

Kamis, 23 September 2021 | 16:09 WIB

Kasus Covid-19 Menurun, Kota Bandung Jaga Momentum

Kamis, 23 September 2021 | 15:57 WIB

Ratusan Anak di Kota Bandung Jadi Yatim Piatu

Kamis, 23 September 2021 | 12:19 WIB
X