Begini Prosedur Salat Iduladha di Kota Bandung dan Sekitarnya

- Minggu, 18 Juli 2021 | 07:40 WIB
Ilustrasi warga melaksanakan salat Iduladha.
Ilustrasi warga melaksanakan salat Iduladha.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Melalui acara via Zoom yang dilaksanakan oleh Baznas, Dr. H.Juraidi MA Direktur Penerangan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2018-2022 menyampaikan tentang Prosedur Salat Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban.

Apabila termasuk wilayah zona merah dan oranye PPKM level 3 dan 4, yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dan Satuan Tugas Covid-19, maka salat Hari Raya Iduladha 1442 H/2021 M boleh ditiadakan pada tingkat Kabupaten/Kota.

Adapun Kota Bandung dan Kota Cimahi termasuk wilayah level asesmen PPKM 4; dan Kabupaten Bandung serta Kabupaten Bandung Barat termasuk dalam wilayah level asesmen PPKM 3.

Salat Iduladha hanya dapat diselenggarakan apabila dapat dilakukan di masjid/musala/ lapangan terbuka dengan jumlah jemaah 30 persen dari kapasitas.

Namun, jika warga Kota Bandung dan sekitarnya sudah teguh akan tetap melaksanakan salat Iduladha, wajib berkoordinasi terlebih dahulu dengan Satgas Covid-19, untuk menyediakan dan menerapkan protokol kesehatan. Kemudian, meminta petugas untuk menyediakan, menerapkan, dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan.

Setelah itu, jamaah yang tidak sehat dilarang mengikuti salat Iduladha, dan mengatur jarak antar Shaf sepanjang 1 meter dengan memberikan tanda Khusus.

Selanjutnya, tidak menjalankan/mengedarkan kotak amal/infak ke jamaah dan memastikan tidak ada kerumunan sebelum dan setelah pelaksanaan salat Idul Adha. Yang terakhir, melakukan desinfeksi di tempat penyelenggaraan salat Idul Adha.

"Penyampaian ceramah oleh Khotib, Khotib juga diharapkan untuk memakai pelindung wajah (Faceshield), durasi maksimal 15 menit, dan mengingatkan jamaah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan," ujar Dr. H.Juraidi M.A., Direktur Penerangan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk Jamaah Sendiri, Junaidi menyampaikan jamaah hanya boleh berusia 18 s/d 59 tahun, kondisi sehat, dan tidak sedang menjalani isolasi mandiri. Tidak hanya itu saja persyaratannya, jamaah juga tidak boleh baru kembali dari perjalanan luar kota, disarankan tidak dalam kondisi hamil atau menyusui dan harus berasal dari warga setempat. [Filosofi Syah Toti]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 18 September 2021

Sabtu, 18 September 2021 | 05:00 WIB

5 Toko Roti Nuansa Jadul Terpopuler di Kota Bandung

Jumat, 17 September 2021 | 18:51 WIB

Nasib Seniman Bandung Bak Karya Senin yang Abstrak

Jumat, 17 September 2021 | 14:11 WIB

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini, 17 September 2021

Jumat, 17 September 2021 | 05:32 WIB

Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Hujan di Sore Hari

Jumat, 17 September 2021 | 05:26 WIB
X