Penjual Lukisan Jalan Braga: Pandemi Tidak Berdampak Banyak, Pembeli Masih Ada

- Kamis, 1 Juli 2021 | 10:20 WIB
Aye tengah duduk di depan lapak lukisannya yang terletak di trotoar Jalan Braga sambil menunggu para wisatawan yang mau menawar barang dagangannya.
Aye tengah duduk di depan lapak lukisannya yang terletak di trotoar Jalan Braga sambil menunggu para wisatawan yang mau menawar barang dagangannya.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Selain terkenal dengan arsitektur bangunan tempo dulu, Jalan Braga, di Kota Bandung, juga tersohor dengan para penjual lukisannya.

Biasanya, para wisatawan yang datang ke Jalan Braga dapat dengan mudah menemukan lukisan-lukisan yang terpajang di sepanjang trotoar jalan.

Puluhan hingga ratusan lukisan digantung dan disandarkan pada bangunan, di sepanjang Jalan Braga. Bahkan, pajangan ini bisa menutupi hampir seluruh dindingnya.

Para pelancong yang melintasi jalan ini sesekali memalingkan pandangannya ke arah lukisan, tidak sedikit dari mereka berakhir dengan tawar menawar dengan pedagang.

Sejak pandemi, intensitas pengunjung yang datang semakin berkurang. Hal ini merupakan salah satu dampak adanya pembatasan kunjungan yang diterapkan pemerintah Kota Bandung dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 di tempat wisata.

Namun yang mengejutkan, pandemi ternyata tidak berpengaruh banyak pada pedagang lukisan di Jalan Braga.

“Kayak gini (pandemi) juga ada (pembeli) alhamdulillah, kecuali yang pertama (pandemi setahun lalu),” ungkap Aye, salah satu penjual lukisan di Jalan Braga, Kota Bandung.

Ketika ditemui Ayobandung.com, Aye sedang memperhatikan para wisatawan berlalu-lalang, berharap salah satu lukisannya dapat menarik hati para pengunjung (30 Juni 2021).

Aye mengaku, memang ketika awal mula Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di Kota Bandung, sempat ada penurunan penjualan. Namun, seiring berjalannya waktu dan pemulihan, Aye bilang, sudah tidak terasa lagi adanya perbedaan tingkat penjualan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum adanya pandemi.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Angka Pengangguran Kota Bandung Bertambah 3%

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:50 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung Ditambah, Catat Titiknya!

Kamis, 2 Desember 2021 | 13:02 WIB

Pedagang Kaki Lima: Dapat Durian Runtuh di Demo Buruh

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:57 WIB

9.000 ODHA Belum Terdata Dinkes Kota Bandung

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:41 WIB
X