Pesona Wayang Golek di Jalan Braga

- Kamis, 1 Juli 2021 | 09:05 WIB
Ramdan dan wayang yang ia jual di Jalan Braga.
Ramdan dan wayang yang ia jual di Jalan Braga.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Jalan Braga siang ini suasananya sepi dan tenang. Tak banyak orang yang hilir mudik di trotoar seperti biasanya.

Bahkan, turis asing, yang identik selalu mampir ke sana, tak terlihat satu pun. Trotoar yang  biasanya dipenuhi oleh banyak pedagang kaki lima kini lengang; dan hanya terlihat beberapa penjual lukisan.

Tidak seperti pedagang lain yang kompak menjajakan lukisannya, Ramdan Kosasih memilih untuk menghamparkan beberapa wayang goleknya di atas meja kecil untuk ia jual kepada pengunjung.  Pria berusia 63 tahun itu hampir setiap hari menjajakan wayang buatan keluarganya di sana.

Walaupun tampak sepi, namun ia tetap teguh menunggu pelanggan sembari menawarkannya kepada pengunjung saat itu.

Ia sudah berjualan wayang di Braga sejak tahun 1970-an. Baginya, wayang golek merupakan warisan turun temurun dari orang tua yang harus dirawatnya hingga masa mendatang.

Tidak hanya dirinya, keluarganya pun ikut andil dalam pembuatan wayang tersebut.  Bahkan, beberapa tahun ke belakang, banyak pengunjung yang ia ajak bertandang ke rumahnya untuk melihat wayang-wayang hasil buatan keluarganya.

Dulu, satu sampai dua bus bisa parkir di sini. Tahun 1970-an, 1980-an hingga 1990-an tuh mereka sering ke rumah,” ujar Ramdan saat diwawancarai pada Rabu, 30 Juni 2021.

Wayang yang ia jual berkisar dari harga Rp50 ribu sampai Rp2 juta. Selain pengunjung lokal dari Bandung Raya, pengunjung internasional pun sering membeli wayang-wayangnya.

“Tamu-tamu mancanegara banyak yang ke sini, dari Malaysia, Eropa,” ucap Ramdan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 26 November 2021

Jumat, 26 November 2021 | 06:00 WIB

Jalan Kota Bandung Rusak, Perbaikan Minim Anggaran

Kamis, 25 November 2021 | 16:19 WIB
X