Virus Varian Delta Covid-19 Sudah Masuk ke Bandung Raya

- Rabu, 30 Juni 2021 | 15:37 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebut virus varian Delta Covid-19 sudah masuk ke Bandung Raya.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebut virus varian Delta Covid-19 sudah masuk ke Bandung Raya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Virus varian Delta Covid-19 sudah berada di Bandaung Raya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sebelumnya, varian Delta Covid-19 ditemukan di Karawang dan Depok. Namun, saat ini sudah menyebar ke wilayah Jabar lainnya termasuk Bandung Raya. 

"Varian Delta sudah masuk Bandung Raya dan kita harus sangat mewaspadai ini," ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu, 30 Juni 2021.

Bandung Raya sendiri mencakup Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Adapun wilayah lain, kata Ridwan Kamil, yang sudah 'menerima' virus varian Delta Covid-19 antara lain Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Purwakarta, Kota Depok, Karawang, dan Subang.

Dia pun meminta, masyarakat mewaspadai penyebaran virus varian Delta Covid-19 terutama menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Dengan keganasan varian Delta ini, tingkat penularannya sangat tinggi. Tapi ini kesimpulan saya, mematikannya kalau dilawan oleh prokes ketat Insya Allah tidak akan tertular," ujarnya.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban mengungkapkan jika transmisi cepat dari varian Delta Covid-19 bukan candaan.

Prof Zubairi mengatakan, hasil tersebut berasal dari tracing yang dilakukan oleh Australia di sebuah, pusat perbelanjaan, Bondi Juncion Westfield, yang menunjukkan betapa cepatnya penularan varian Delta ini.

"Makanya para pejabat di Australia mengingatkan bahwa penularan virus tidak lagi butuh waktu hingga 15 menit, tapi dimungkinkan bisa dalam hitungan detik," kata Prof Zubairi dalam utas di akun Twitter-nya, @ProfesorZubairi, dan Ayobandung.com telah diizinkan untuk mengutip pernyataan tersebut, Minggu, 27 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Toko Mas Gaya Baru Kosambi Dirampok!

Senin, 20 September 2021 | 16:04 WIB

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 20 September 2021

Senin, 20 September 2021 | 05:58 WIB

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 18 September 2021

Sabtu, 18 September 2021 | 05:00 WIB
X