Penipuan Investasi Wedding Organizer di Kota Bandung, Pelaku Raup Uang Miliaran

- Rabu, 30 Juni 2021 | 13:45 WIB
Pemiliki WO Four Season diamankan oleh Ditreskrimsus Polda Jabar atas tindak penipuan dan pencucian uang.
Pemiliki WO Four Season diamankan oleh Ditreskrimsus Polda Jabar atas tindak penipuan dan pencucian uang.

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM — Unit 1 Subdit II Ditreskrimsus Polda Jabar berhasil mengungkap kasus penipuan penggelapan uang dan tindak pidana pencucian uang dengan modus investasi di sebuah usaha wedding organizer.

Dari penipuan itu, pelaku berinisial MBW meraup untung hingga Rp1,4 miliar.

Dalam ungkap kasus di Mapolda Jabar, Rabu, 30 Juni 2021, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Chaniago mengatakan kasus ini berlangsung sejak bulan November 2018. MBW menawarkan peluang investasi untuk usaha Wedding Organizer miliknya yang bernama Four Season.

"Para korban berasal dari kota Bandung sebanyak enam orang dan kemungkinan ada juga korban lainnya di luar enam orang yang melapor ke Polda Jabar,” ujar Erdi.

MBW mengiming-imingi para korbannya dengan tawaran keuntungan 2,5 hingga 3 persen dan modal investasinya sendiri dijanjikan akan dikembalikan dalam waktu tiga bulan. Para korban yang tergiur dengan peluang itu pun menginvestasikan sejumlah uang kepada MBW.

Di antara korban, bahkan ada yang sudah pernah transfer dana sampai 100 kali.

Sebenarnya usaha wedding organizer Four Season memang benar-benar berjalan, namun pada tahun 2018, usaha itu mengalami masalah keuangan. Namun, MBW tetap saja membuka investasi bagi para korbannya.

Setelah beberapa bulan, akhirnya MBW memberikan cek kepada para korban sebagai bentuk komitmen dari pengembalian modal investasi yang dijanjikannya. Akan tetapi, saat hendak dicairkan, cek yang diberikan MBW ternyata palsu.

Dari hasil pemeriksaan kepolisian, diketahui MBW melakukan sistem tambal-sulam untuk menutupi utang-utangnya. Dana investasi yang masuk kepadanya kerap digunakan untuk menambal utang investasinya kepada pihak lain, dan begitu seterusnya sampai tenggat waktu pengembalian tiba.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Biadab! Ayah Cabuli Dua Anak Tiri Selama 6 Tahun

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:52 WIB
X