Pandemi, Kondisi Saung Angklung Udjo Memprihatinkan

- Kamis, 24 Juni 2021 | 22:09 WIB
Pekerja beraktivitas di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung.
Pekerja beraktivitas di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung.

CIBEUNYING KIDUL, AYOBANDUNG.COM — Direktur Utama Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat Udjo mengakui jika SAU sedang dalam kondisi yang memprihatinkan, dan itu sudah berlangsung sejak pandemi dimulai. Akan tetapi, Taufik menekankan jika pihaknya masih tetap semangat berjuang untuk mempertahankan ruang teater seni pertunjukan yang namanya sudah bergaung ke mancanegara itu.

Taufik menyampaikan, saat ini kondisi SAU bisa dibilang sama saja dengan kelompok-kelompok kesenian yang lain. Selama setahun menjalani pandemi, kegiatan di SAU benar-benar jauh dari kata normal.

“Saya sebetulnya sama temen-temen seperti objek wisata lain. Terus terang saja, dalam kondisi yang memprihatinkan dalam arti, dalam setahun lebih ini tidak bisa beraktivitas normal, jauh dari kata normal,” ujar Taufik dalam konferensi pers SAU, Kamis, 24 Juni 2021.

Kondisi yang memprihatinkan itu dirasai oleh Taufik tatkala jumlah penonton mengalami kemerosotan. Dari yang sebelumnya bisa menghadirkan hingga ribuan penonton dari berbagai wilayah dan negara, untuk menghadirkan segelintir penonton dalam waktu sebulan saja sudah terasa sangat sulit.

“Sebulan dua orang pun sulit, biasanya sampai ribuan,” kata Taufik.

Saat pandemi baru saja dimulai, sebenarnya SAU sudah akan menggelar pertunjukan dan para penonton pun sudah memesan tempat duduk. Akan tetapi, ketika akhirnya pandemi mulai menjangkit di Indonesia, agenda itu pun terpaksa diundur.

“Setelah diundur, ternyata macet juga, dan itu terus terjadi,” tutur Taufik.

Untuk mempertahankan ekosistem SAU, pihak pengelola pun mencanangkan beberapa program unggulan yang sedang dalam tahap penyusunan. Program itu di antaranya pembangunan Museum Angklung Udjo, program Virtual Angklung Kreatif, dan Sejuta Angklung untuk Sekolah. Selain itu, SAU pun menjual beberapa produk dari SAU di lelang.go.id.

“Ini juga solusi untuk ekosistem angklung bisa hidup,” ucap Taufik saat membicarakan soal pelelangan yang sempat menjadi viral di pemberitaan. 

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Wagros Jadi Wadah UMKM Jabar Pulihkan Ekonomi

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:59 WIB

Lansia di Jabar Bisa Vaksinasi Covid-19 di Bidan Desa

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:56 WIB

Pohon Tumbang Melintang di Jalan Tamansari Bandung

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:33 WIB

Tiga Kios Terbakar di Jalan Soekarno Hatta

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:11 WIB

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:00 WIB
X