Waspada! Musim Pancaroba, Penyakit DBD Mengintai!

- Kamis, 24 Juni 2021 | 15:51 WIB
Nyamuk Aedes aegypti pembawa virus DBD.
Nyamuk Aedes aegypti pembawa virus DBD.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Musim pancaroba atau peralihan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau mengakibatkan sejumlah penyakit endemis akan bermunculan, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Bandung, Yorisa Sativa mengungkapkan, selain Covid-19 yang dapat menular, penyakit lain yang penularannya cukup tinggi di Kota Bandung adalah DBD.

"DBD itu statusnya endemis, jadi setiap tahun ada, karena memang situasinya begini (pancaroba)," ujar Yori di Balai Kota Bandung, Kamis, 24 Juni 2021.

Menurutnya, kini beban rumah sakit semakin bertambah karena ia sendiri tak memungkiri kalau tiap tahunnya pasien DBD meningkat.

Ia melanjutkan, dari 100 persen keterisian tempat tidur di rumah sakit, 40 persennya dialokasikan untuk pasien yang terpapar Covid-19.

"60 persennya untuk selain Covid-19, termasuk DBD, diare, penyakit jantung, atau penyakit-penyakit lain yang tidak menular," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, dan terhindar dari suatu penyakit.

"Bukan tidak boleh sakit, tapi minimal kita bisa mencegah jangan sampai memperberat," ucapnya.

Upaya Pencegahan DBD dengan 3M Plus

-
Ilustrasi (ACT)

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuat panduan upaya mencegah dari wabah DBD. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan 3M Plus.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X