Musim Kemarau di Bandung Raya Datang Terlambat, Ini Penjelasan BMKG

- Rabu, 23 Juni 2021 | 15:41 WIB
[Ilustrasi] banjir di Kota Bandung; Sempat diperkirakan akan masuk musim kemarau di bulan Mei, musim kemarau di Bandung Raya pada akhirnya mengalami keterlambatan.
[Ilustrasi] banjir di Kota Bandung; Sempat diperkirakan akan masuk musim kemarau di bulan Mei, musim kemarau di Bandung Raya pada akhirnya mengalami keterlambatan.

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM -- Sempat diperkirakan akan masuk musim kemarau di bulan Mei, musim kemarau di Bandung Raya pada akhirnya mengalami keterlambatan. Prakirawan Cuaca BMKG Bandung Yan Firdaus pun mengkonfirmasi keterlambatan itu. Pada prediksi sebelumnya, musim kemarau sempat diduga akan berakhir antara akhir Mei dan awal Juni.

“Musim kemarau untuk wilayah Bandung Raya untuk tahun ini pada umumnya mengalami keterlambatan dari normalnya pada akhir Mei - awal Juni,” ujar Yan melalui pesan singkat, Rabu, 23 Juni 2021.

BMKG pun memperbaharui prediksi datangnya musim kemarau yang terlambat datang tahun ini. Menurut data yang dihimpun, Yan memprediksi, kemungkinan musim kemarau akan datang di akhir dasarian III Juni atau dasarian I Juli. Untuk diketahui, dasarian adalah istilah yang merujuk satuan waktu meteorologi yang lamanya sepuluh hari.

“Paling tidak, akhir dasarian III Juni, atau dasarian I Juli,” kata Yan.

Sementara itu, kondisi cuaca ekstrem masih harus diwaspadai karena potensi bencana di baliknya. Yan mengatakan, yang paling harus diwaspadai adalah hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat.

“Berdasarkan model prediksi, hingga tanggal 25 Juni masyarakat Bandung Raya diimbau untuk waspada pada peluang hujan ringan-lebat yang disertai angin kencang juga kilat,” pungkas Yan.

Beberapa hari lalu, hujan angin kencang mengguyur Kota Bandung meski seharusnya musim kemarau telah tiba. Hujan angin kencang itu pun menimbulkan banjir di berbagai lokasi seperti Antapani, Sumur Bandung, Bandung Wetan, dan lainnya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

UMKM Binaan bank bjb Sukses Ekspor Produk ke Luar Negeri

Selasa, 27 September 2022 | 15:53 WIB
X