Menyusuri Jejak Nostalgia Forest Walk Babakan Siliwangi Zaman Dulu

- Selasa, 22 Juni 2021 | 18:08 WIB
Forest Walk Babakan Siliwangi kini sudah sepi kembali.
Forest Walk Babakan Siliwangi kini sudah sepi kembali.

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Daerah kecamatan Coblong memang menyimpan banyak tempat wisata yang sempat ramai dikunjungi sebelum merebaknya pandemi covid-19.Beberapa objek wisata tersebut di antaranya Kebun Binatang Bandung dan Forest Walk Babakan Siliwangi.

Mendengar nama Forest Walk Babakan Siliwangi, beberapa orang yang pernah berkunjung ke sana pasti membayangkan pemandangan indah hutan Babakan Siliwangi di atas jembatan. Pengunjung hilir mudik saling mengadu tawa juga mengeluarkan gawai mereka untuk berswafoto.

-
Petugas membersihkan dedaunan di areal forest walk Babakan Siliwangi, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu (11/7/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Penampakkan hutan indah tersebut mungkin melekat di memori pengunjung saat ini. Namun bagi warga sekitar, Hutan Babakan Siliwangi pernah menyiratkan kesan tersendiri pada masanya. Ketika masih menjadi hutan belantara, beberapa kejadian sempat terjadi di sana.

Sebelum menjadi kawasan wisata yang diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada saat masih menjabat, yakni tahun 2015, Forest Walk Babakan Siliwangi ini pernah menjadi tempat yang menyeramkan sekaligus meninggalkan banyak jejak kriminal.

Menurut Hari, seorang pedagang sekaligus tinggal di sekitar Hutan Babakan Siliwangi megatakan, sebelum dijadikan taman atau tempat wisata seperti hari ini, dahulu hutan itu merupakan restoran yang terbengkalai.

“Dulu bukan taman, dulu restoran terbengkalai,” ujar Hari saat diwawancarai pada Senin, 21 Juni 2021.

Sebelum akhirnya menjadi tempat wisata yang instagramable, kawasan tersebut menjadi tempat berkumpulnya para pengamen dan pengemis. “Jadi banyak orang lain yang datang ke sini, ya kayak pengamen, pengemis,” terang Hari.

Bahkan, tempat tersebut dahulu sangat rawan dari tindakan kriminal. “Terus ada juga begal, jadi takut kalau lewat sini. Dulu suka ada orang ditodong juga” lanjut Hari.

Kejadian yang tak jauh dari tindakan kriminal pun sempat terjadi seperti banyaknya korban pembunuhan dibuang ke daerah sana. “Dulu yang meninggal di sini juga banyak, meninggalnya enggak tau di mana tapi dilemparnya ke sini atau suka ada mayat di sini. Udah tiga kali ada yang buang mayat di sini,” ujar Hari.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Lansia di Jabar Bisa Vaksinasi Covid-19 di Bidan Desa

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:56 WIB

Pohon Tumbang Melintang di Jalan Tamansari Bandung

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:33 WIB

Tiga Kios Terbakar di Jalan Soekarno Hatta

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:11 WIB

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:00 WIB
X