Sudah Tambah Tempat Tidur, BOR ICU RSHS Capai 91%

- Senin, 21 Juni 2021 | 18:02 WIB
RSHS.
RSHS.

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM -- Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung sudah menambah kapasitas tempat tidur sebanyak tujuh tempat tidur untuk isolasi Covid-19. Sementara itu, BOR (Bed Occupancy Rate) atau tingkat ketersediaan tempat tidur ruang ICU di sana sudah mencapai 91%. 

Plh Direktur Pelayanan Medik, Perawatan, dan Penunjang RSHS, dr. Yana Akhmad Supriatna, mengatakan penambahan tempat tidur dikhususkan untuk ruang ICU. Satu tempat tidur dari ruang isolasi non-ICU pun ditambahkan ke ICU. 

"Setelah kita meningkatkan kapasitas tempat tidur saat ini ada 231 tempat tidur, 48 tempat tidur ICU, dan 183 tempat tidur isolasi non-ICU," ujar Yana di RSHS, Senin, 21 Juni 2021.

Yana juga menyampaikan, saat ini RSHS sedang merawat 207 pasien aktif. Keterisian tempat tidur atau BOR di ICU mencapai 91% sementara non-ICU 89,6%. 

"BOR untuk ICU itu 91%. Yang isolasi non-ICU 89,6%. Total BOR keseluruhan 89%.  Saat ini, RSHS sudah merawat sekitar 207 pasien," kata Yana.

Menanggapi peningkatan BOR yang sudah menjadi rambu peringatan waspada, RSHS meningkatkan protokol kesehatan di rumah sakitnya sendiri. Salah satu peningkatan yang dilakukan adalah dengan terus mengupayakan 3T untuk para nakes. 

"Secara umum tetap kita melakukan 3T ya, kemudian juga meningkatkan kembali aktivitas komite PPIRS (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit) di kami untuk tracing nakes yang memiliki kontak dan resiko tinggi. Yang bergejala di lakukan pemeriksaan swab," kata Yana. 

Para nakes yang berhadapan langsung dengan pasien Covid pun masih ditempatkan di penginapan khusus. Penginapan itu diakomodasi Pemda. 

"Tempat tinggal dan akomodasi bagi nakes kami di ring 1 yang langsung berhadapan dengan pasien-pasien Covid, masih tetap diinapkan di penginapan khusus, masih tetap mendapat bantuan dari Pemda," pungkas Yana. 

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Pasien Covid-19 di RSHS Hanya Tersisa 9 OrangĀ 

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:05 WIB

PWI Jawa Barat Komitmen Wujudkan Kompetensi Wartawan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:38 WIB
X