Jongko Sudah Sepi, Barang Rongsok Kini Laku di Pasar Digital

- Minggu, 20 Juni 2021 | 07:50 WIB
Beberapa barang elektronik bekas yang belum juga terjual di Warung Rongsok Pak Wawan.
Beberapa barang elektronik bekas yang belum juga terjual di Warung Rongsok Pak Wawan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat mengalihkan hampir sebagian besar kegiatannya ke digital.

Seperti Rudi (45), pengelola Warung Rongsok Pak Wawan yang terletak di pinggir Jalan Prof. Eyckman, Cipaganti, Kota Bandung.

Jongko yang lebarnya tidak lebih dari lima langkah orang dewasa tersebut sudah berdiri selama sepuluh tahun di sana. Rudi menjelaskan, alasan penggunaan nama "Pak Wawan" adalah karena Wawan merupakan orang yang memberi modal Rudi untuk membuka jongko sederhananya.

Saat ini, jongko sederhana itu sudah tidak menghasilkan untung bagi Rudi. Warungnya lebih sering tutup daripada buka. Apalagi sejak pandemi, hampir sudah tidak ada lagi yang menengok jongko miliknya.

“Kalau ngomong untung, di sini sudah nggak untung, makanya sering tutup,” tutur Rudi saat ditemui Ayobandung.com di depan jongko miliknya.

Rudi, yang tidak mau usahanya yang sudah ia bangun mati begitu saja, mulai mencari solusi. Ia mencoba menjajakan barang bekasnya di media sosial Facebook dan aplikasi jual beli online.

“Saya juga beralih ke online, jadi di sini cuman penampung barang atau service,” ucap Rudi.

Seperti yang dikatakan Rudi, jongko miliknya kini hanya menjadi tempat penyimpanan barang. Bahkan ketika Rudi mencari kunci jongkonya, ia tidak dapat menemukannya.

Meski bukan tergolong milenial, Rudi tetap lincah dalam beradaptasi dengan teknologi. Semua proses penjualan, mulai dari mengambil dan mengunggah gambar, juga proses pemasaran ia lakukan seorang diri.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

UMKM Binaan bank bjb Sukses Ekspor Produk ke Luar Negeri

Selasa, 27 September 2022 | 15:53 WIB
X