Selama Pandemi, Pedagang di Kecamatan Coblong Tak Pernah Dapat Bantuan

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 07:50 WIB
Pedagang di Kecamatan Coblong
Pedagang di Kecamatan Coblong

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bantuan UMKM, program Kartu Prakerja, ataupun dana bantuan lainnya nyatanya tak sampai kepada para pedagang, khususnya di Kecamatan Coblong. Hal ini terjadi karena dua kemungkinan, pertama informasi atau aliran tersebut tak sampai kepada pedagang, dan yang kedua birokrasi yang mungkin tak akrab bagi pedagang kelas bawah.

Dalam perkara ini, pedagang yang terdampak rata-rata pedagang yang aktif di malam hari. Seperti pedagang nasi goreng gerobakan, pedagang pecel ayam dan lele, hingga pedagang makanan ringan yang biasa mengelilingi perumahan warga.

Para pedagang yang aktif di malam hari, hampir semua tak bisa mengenali satu bantuan pun selama pandemi. Berbagai keluhan dilontarkan kepada setiap pengunjung, hal tersebut dilakukan lantaran mereka tak punya opsi yang jelas kepada siapa mereka berkeluh kesah.

Sinta (47) seorang pedagang pecel ayam dan lele mengatakan, hingga saat ini para pedagang selalu menunggu kapan bantuan tersebut datang kepadanya. Kebutuhan dan keadaan tentunya menjadi suatu hal yang terus-menerus menekan.

“Saya lihat di tv di berita mah banyak katanya mau ngasi bantuan, tapi udah hampir 2 tahun nih belum dapet,” ungkapnya kepada Ayobandung.com, Selasa, 15 Juni 2021.

Sementara itu, Yanto (38) seorang pedagang lainnya yang berjualan nasi goreng mengatakan, bantuan dari pemerintah selalu terdengar hingga ke telinganya. Namun, ia tidak mengetahui prosedur atau hal apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan itu, karena kurangnya informasi dan banyaknya keterbatasan membuat dirinya tak mampu menggapai itu.

“Saya bingung harus berbuat apa, tau kabar doang tapi buat kesitunya saya enggak ngerti harus gimana,” ujarnya.

Harapan demi harapan menjadi doa yang tersimpan bagi pedagang-pedagang yang aktif di malam hari ini, khususnya Kecamatan Coblong. Keadaan dan kondisi saat datangnya pandemi pun tentu bukanlah situasi yang diinginkan untuk tetap mencari nafkah. (Uray Arulsyah Muhammad)

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Wagros Jadi Wadah UMKM Jabar Pulihkan Ekonomi

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:59 WIB

Lansia di Jabar Bisa Vaksinasi Covid-19 di Bidan Desa

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:56 WIB

Pohon Tumbang Melintang di Jalan Tamansari Bandung

Senin, 18 Oktober 2021 | 11:33 WIB

Tiga Kios Terbakar di Jalan Soekarno Hatta

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:11 WIB

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:00 WIB
X