Vaksinasi Massal di GBLA Timbulkan Kerumunan, Satgas COVID-19 Jabar Minta Maaf

- Jumat, 18 Juni 2021 | 10:18 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil


GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah titik antrean saat vaksinasi massal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Kamis, 17 Juni 2021 masih menimbulkan kerumunan. Kerumunan ini terbukti dengan antrean yang mengular, dan ketika siang hari wilayah Gede Bage diguyur hujan deras, akibatnya, 11 tenda roboh dan pelaksaan vaksinasi dipindahkan ke dalam stadion yang teduh.

Terkait hal itu,Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. yang juga Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jabar meminta maaf atas ketidaknyamanan dan timbulnya kerumunan dalam pelaksanaan vaksinasi massal di GBLA. 

Dari insiden itu terjadinya kerumunan dan penumpukan warga yang mengantre dengan warga yang akan divaksin, sehingga prokes jaga jarak menjadi buyar.

"Kami selaku Komite Penanganan COVID-19 Daerah meminta maaf atas ketidaknyamanan dan kerumunan dalam vaksinasi massal di Stadion GBLA. Kami tidak mengantisipasi sebelumnya kemungkinan ada force majeure yang membuat kerumunan seperti yang terjadi," katanya kepada awak media.

Di hari yang bersamaan, Kang Emil tidak berada di Kota Bandung karena tengah mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor dan Stasiun Kota Bogor.

Untuk menghindari kejadian serupa pada vaksinasi massal di tempat lain, Pemda Provinsi Jabar bersama TNI-Polri berkomitmen untuk terus mengevaluasi sistem pendaftaran dan pelaksanaan vaksinasi massal yang bertajuk "Serbuan Vaksinasi" itu.

Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan, semua stadion di Jabar akan diarahkan untuk menjadi tempat vaksinasi massal, termasuk Stadion GBLA Bandung dan Stadion Pakansari Bogor. Dipilihnya stadion karena memiliki ruang terbuka yang cukup luas dan sirkulasi udara yang baik.

"Ini sudah jadi instruksi Pak Presiden,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar Daud Achmad memastikan peralatan vaksinasi sudah diamankan dengan cepat oleh para petugas di Stadion GBLA Bandung. 

Ia juga memastikan tidak ada korban luka baik dari nakes maupun warga akibat kejadian itu.

"Tidak ada korban luka atas insiden tersebut," kata Daud.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 21 September 2021

Selasa, 21 September 2021 | 06:10 WIB

Toko Mas Gaya Baru Kosambi Dirampok!

Senin, 20 September 2021 | 16:04 WIB
X