Banjir Menggenang Pintu Masuk Pasar Gedebage, Warga: Sudah Biasa

- Kamis, 17 Juni 2021 | 18:23 WIB
Banjir Menggenang Pintu Masuk Pasar Gedebage.
Banjir Menggenang Pintu Masuk Pasar Gedebage.

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Banjir menggenangi jalan pintu masuk  Pasar Induk Gedebage, Kamis, 17 Juni 2021. Menurut warga, banjir sudah jadi hal biasa pascahujan deras. 

Banjir di pintu masuk pasar sudah menggenang sejak hujan angin dan es berlangsung sejak sekitar pukul 15.00 WIB. Pada pantauan Ayobandung.com, sekitar pukul 17.00 WIB, hujan sudah menjadi gerimis, namun banjir masih setinggi seperempat betis orang dewasa. 

Menurut Andini Mustika Dewi, seorang ibu rumah tangga yang memiliki rumah di dekat pasar, mengatakan banjir di pintu masuk pasar sudah menjadi hal yang lumrah. Setiap kali hujan deras turun, Andini yang akrab disapa Andin pun sudah tahu kalau kendaraannya akan dikotori lumpur saat dirinya pulang ke rumah. 

"Sudah biasa kalau di sana. Sampah-sampah juga biasanya pada keluar," ujar Andin, Kamis, 17 Juni 2021.

Akan tetapi, menurut Andin, saat ini banjir di Gedebage sudah tidak separah dulu saat dirinya masih berkuliah. Sekitar enam tahun yang lalu, banjir di dekat pasar biasanya akan menyebabkan macet yang merayapi Jalan Soekarno-Hatta. Banyak juga jasa-jasa pengangkut motor untuk memindahkan sepeda motor lewat pembatas jalan jalur cepat. 

"Kalau dulu lebih gila lagi. Sekarang sudah jauh lebih mending," ungkap Andin. 

Sementara itu, seorang pemilik warung bernama Ratna Sukmawati mengatakan bahwa mungkin saja banjir di Gedebage disebabkan oleh sampah yang menumpuk. Sampah itu menghambat drainase sehingga terjadilah banjir. 

"Mungkin karena sampah ya, dan kalau banjir pasti jadi berantakan," kata Ratna sambil membersihkan sampah yang menumpuk depan rumahnya. 

Ratna juga menyampaikan, hujan yang turun di sekitar Gedebage memang sangat deras. Hujan itu disertai oleh angin ribut dan es. Sementara di wilayah lain yang cukup berdekatan, misalnya Kecamatan Antapani, hujan memang deras tapi tidak disertai es. 

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X