2 Kali Terpapar Covid-19, Masih Bisa Donor Plasma Darah Konvalesen?

- Senin, 14 Juni 2021 | 14:46 WIB
[Ilustrasi] Penyintas Covid-19 dua kali masih bisa mendonorkan plasma darah konvalesen, asalkan masih dalam keadaan sehat dan kondisi sedang baik.
[Ilustrasi] Penyintas Covid-19 dua kali masih bisa mendonorkan plasma darah konvalesen, asalkan masih dalam keadaan sehat dan kondisi sedang baik.

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Uke Muktimanah mengatakan penyintas Covid-19 dua kali masih bisa mendonorkan plasma darah konvalesen, asalkan masih dalam keadaan sehat dan kondisi sedang baik.

"Justru boleh apalagi kalau titernya (antibodi)tinggi," ujarnya saat ditemui di Kantor PMI Kota Bandung, Senin, 14 Juni 2021.

Namun, tak semua penyintas Covid-19 dapat mendonorkan plasma darah konvalesennya. Ia menuturkan, terdapat dua pendapat soal ini.

Pendapat pertama, penyintas masih bisa mendonorkan darahnya, pendapat kedua jika  penyintas tersebut sudah pernah divaksin, maka ia tidak akan bisa mendonorkan plasmanya.

"Penyintas setelah divaksin itu ia membutuhkan daya  tahan tubuh ya, jadi standarnya tidak boleh kalau dari kenaikan antibodinya diambil yang dari sudah divaksin," ujarnya.

"Maka bagusnya penyintas yang telah divaksin itu donor darah biasa," imbuhnya.

Uke mengaku pihaknya sedang butuh plasma darah konvalesen, karena kini permintaan plasma dari penyintas Covid-19 meningkat 30 - 35 per hari dari yang asalnya 10 orang per hari.

Untuk memenuhi kebutugan itu, PMI Kota Bandung menerapkan strategi jemput bola dengan memberikan imbauan kepada seluruh rumah sakit agar mengeudaki untuk mendonorkan plasma darah bagi penyintas Covid-19.

"Karena data penyintas itu ada di rumah sakit, jadi rumah sakit lebih bisa mengedukasi pada pasien-pasien (Covid-19) yang sudah pulang disarankan setelah dua minggu tidak bergejala untuk segera donor ke PMI," tutupnya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Waspada, Ini Daerah Rawan Pohon Tumbang di Bandung

Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:56 WIB

Peserta PTM di Bandung yang Terpapar Covid Bertambah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:02 WIB

Atlet Cemas Tak Dapat Kadeudeuh dari Pemkot Bandung

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:15 WIB

PTM di 12 Sekolah di Bandung Dihentikan Sementara!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:13 WIB
X