Kota Bandung Segera Hadirkan Wisata Bersepeda

- Jumat, 4 Juni 2021 | 16:17 WIB
Kota Bandung mempersiapkan wisata bersepeda.
Kota Bandung mempersiapkan wisata bersepeda.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM --Pemerintah Kota Bandung segera menghadirkan wisata bersejarah anyar. Wisata bersejarah ini akan disandingkan dengan wisata bersepeda.

Wisatawan yang membawa sepeda bisa mengunjungi Stilasi Bandung Lautan Api. Nantinya, jalan menunju stilasi dijadikan jalur sepeda. 

Atas hal itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana didampingi Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan meninjau stilasi dengan bersepeda.

Mulai dari gedung Denis, yang dulu bernama De Eerste Nederlandsch Indisch Sparkaas, yang menjadi saksi sejarah bahwa gedung tersebut memiki sejarah dalam Bandung Lautan Api. Di lokasi itu sempat terjadi insiden pengibaran bendera triwarna tiga bulan setelah kemerdekaan Indonesia. 

Ini juga menjadi awal dari rangkaian perjuangan revolusioner pemuda boemi poetra sebelum peristiwa pembumihangusan Bandung Lautan Api pada 24 Maret 1946. 

Usai meninjau tersebut, Yana dan Tedy lanjut mengayuh sepeda ke Asia-Afrika, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Astana Anyar, Jalan Kalipah Api dan berhenti di Stilasi Bandung Lautan Api, tepat di depan SD Dewi Sartika. 

"Hari ini Jumat bersepeda kunjungi beberapa titik yang punya nilai sejarah berkaitan dengan Peristiwa Bandung Lautan Api," ujar Yana, Jumat 4 Juni 2021. 

Rencananya jalur sejarah itu akan menjadi destinasi wisata sepeda baru di Kota Bandung. "Ini betul-betul menjadi satu wisata sepeda baru di Kota Bandung," tuturnya. 

"Minggu depan kita cari destinasi wisata lain yang punya nilai sejarah. Misalkan perjalanan Bung Karno, bisa ke Penjara Banceuy, Gedung Indonesia Menggugat (GIM) dan rumah ibu Inggit Ganarsih," katanya. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Toko Mas Gaya Baru Kosambi Dirampok!

Senin, 20 September 2021 | 16:04 WIB

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 20 September 2021

Senin, 20 September 2021 | 05:58 WIB

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 18 September 2021

Sabtu, 18 September 2021 | 05:00 WIB

5 Toko Roti Nuansa Jadul Terpopuler di Kota Bandung

Jumat, 17 September 2021 | 18:51 WIB
X