Kerap Banjir, Terowongan Cibaduyut Mulai Dibenahi

- Jumat, 4 Juni 2021 | 14:11 WIB
Perbaikan saluran air di terowongan Cibaduyut, Jumat, 4 Juni 2021.
Perbaikan saluran air di terowongan Cibaduyut, Jumat, 4 Juni 2021.

CIBADUYUT, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung mulai melakukan perbaikan saluran air di terowongan Cibaduyut guna mengatasi terjadinya genangan air. Perbaikan ini sudah berlangsung sejak Senin, 1 Juni 2021 lalu.

Pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tegalega DPU Kota Bandung, Arta menuturkan pihaknya berusaha mengatasi banjir di daerah ini yang kerap terjadi setiap turun hujan.

“Mencoba mengurangi, bagaimana caranya dengan melakukan sedimentasi, mengurangi kadar air dari saluran air, dan melakukan penutupan saluran air dari sebelah seberang jalan, supaya airnya tidak ke tengah semua, jadi terbagi dua arah,” jelasnya, kepada Ayobandung.com, Jumat, 4 Juni 2021.

Dia menyoroti tempat pembuangan sampah yang berada tepat di samping terowongan Cibaduyut. Menurutnya, sampah justru memperparah luapan air sehingga banjir menjadi tak terhindarkan.

-
Sampah di terowongan Cibaduyut. (Ayobandung.com/Reni Nuraeni)

Arta menyayangkan masih banyak warga yang membuang sampahnya di sana. Padahal, pelaku pembuang sampah sembarangan bisa disanksi sosial dan didenda hingga ratusan ribu.

Keluhan warga sekitar terowongan Cibaduyut

Asep (46) warga kampung sekitar terowongan Cibaduyut, menegaskan banjir di sepanjang jalur tersebut kerap terjadi jika turun hujan. Ketinggian banjir bervariatif. Namun jika hujan begitu lebat, ketinggiannya bisa sampai setengah badan orang dewasa.

“Waktu dulunya nggak kaya gitu, sekarang kan ada monorel, jadi saluran airnya tertutup sama bangunan monorel tersebut, jadi perlu dibetulin,” ujar Asep.

Asep menambahkan, perbaikan yang dilakukan DPU Kota Bandung sering kali tidak membawa hasil. “Setiap hujan pasti tetap banjir, dan perbaikan saluran ya hanya untuk semata hanya untuk membersihkan sampah yang menyumbat saja,” kata dia.

Dede (60), pedagang yang berada tepat di samping terowongan Cibaduyut juga mengeluhkan banjir yang kerap terjadi di daerah tersebut. Menurutnya jika banjir terjadi air luapan bisa sampai masuk ke warung kopi tempat jualannya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

X