BMKG Bandung Pastikan Gemuruh Misterius Bukan dari Sesar Lembang

- Minggu, 30 Mei 2021 | 15:16 WIB
Ilustrasi -- Pancaroba di Bandung.
Ilustrasi -- Pancaroba di Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun 1 Bandung, Rasmid menegaskan, tak ada indikasi pergerakan dari sesar Lembang terkait suara gemuruh misterius yang terdengar di wilayah Sukajadi, pada Jumat, 28 Mei 2021 malam.

"Tidak ada catatan gempa di seismograph kami yang di sekitar sesar itu," kata Rasmid kepada ayobandung.com, Minggu, 21 Mei 2021.

Rasmid menduga suara gemuruh itu bisa disebabkan oleh fenomena alam seperti petir yang jaraknya jauh dari lokasi Sukajadi. Bila suara itu berasal dari petir, lanjut Rasmid, maka petir tersebut merupakan salah satu fenomena alam yang sering terjadi saat masa pancaroba ini.

Masa pancaroba adalah periode transisi dari musim penghujan beralih ke musim kemarau. Rasmid menyatakan, masa pancaroba ini terjadi sampai Mei dan pada awal Juni mulai musim kemarau.

"Puncak musim kemarau terjadi sekitar bulan Agustus," jelasnya.

Ia juga tak menutup kemungkinan bahwa suara gemuruh tersebut berasal dari aktivitas manusia, seperti suara pesawat yang sedang terbang akan tetapi suaranya mengudara sampai ke Sukajadi.

"Atau bisa juga kegiatan tentara yang sedang melakukan latihan rutin dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit," tandasnya.

Viral di Twitter

Sebelumnya, suara gemuruh misterius mengudara di Kota Bandung dan terdengar oleh warga, khususnya di Kecamatan Sukajadi dan sekitarnya, pada Jumat, 28 Mei 2021 malam.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

X