Nakes Ingatkan Rentannya Penyebaran Covid-19 di Klaster Keluarga

- Minggu, 30 Mei 2021 | 12:05 WIB
Solidaritas Warga Bantu Pasien Isoman di RW 11 Dago.
Solidaritas Warga Bantu Pasien Isoman di RW 11 Dago.

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Hingga saat ini, sebaran pandemi Covid-19 di Indonesia--termasuk Kota Bandung--belum menunjukan adanya penurunan yang signifikan meski telah lebih dari satu tahun melanda. Walaupun jumlah kasus aktif fluktuatif setiap harinya, namun secara umum jumlah kenaikan kasus positif secara kumulatif masih terus terjadi.

Lingkungan keluarga dinilai sebagai salah satu klaster rentan penularan Covid-19. Mulai tingginya mobilitas masyarakat saat ini ditambah dengan protokol kesehatan yang cenderung lebih longgar di rumah menjadi penyebabnya.

Hal tersebut diungkapkan salah satu perawat di General Intensive Care Unit (GICU) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung, Budi Wahyudin. Berdasarkan pengalamannya merawat langsung para pasien Covid-19 dalam lima bulan belakangan, dia mengatakan banyak di antaranya yang diduga tertular dari interaksi dengan keluarga.

"Penularan Covid-19 cukup banyak yang muncul dari klaster keluarga. Sekarang saya banyak rawat lansia. Ada yang kelahiran 1950-an, bahkan ada yang sudah pikun. Bergerak pun sulit, jadi diperkirakan sudah susah pergi kemana-kemana," ungkapnya dalam webinar yang digelar RSHS Kota Bandung belum lama ini.

"Kemungkinan paling besar tertular dari orang serumah," lanjutnya.

Selain itu, dia mengatakan, penularan Covid-19 juga dapat terjadi dari ibu yang tengah mengandung kepada sang jabang bayi. Dirinya pernah menangani pasien suspek Covid-19 yang merupakan seorang bayi baru lahir, karena sang ibu Covid-19.

"Pasien GICU itu memang untuk semua kalangan, baik dewasa, bayi, dan anak-anak. Pasien pertama yang saya terima ketika bertugas itu bayi baru lahir dengan suspek Covid-19 karena ibunya juga positif," jelasnya.

Meski kerap ditemukan penularan di lingkungan rumah, saat ini penyebaran Covid-19 telah cukup sulit dipetakan. Sehingga, masyarakat diimbau untuk terus waspada menjaga dirinya dari kemungkinan tertular.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Kota Bandung Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:30 WIB

Hujan Deras Bikin Banjir Cileuncang di Kota Bandung

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:25 WIB

PPKM Diperpanjang, Kasus Covid-19 Bandung Tersisa 93

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Wagros Jadi Wadah UMKM Jabar Pulihkan Ekonomi

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:59 WIB

Lansia di Jabar Bisa Vaksinasi Covid-19 di Bidan Desa

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:56 WIB
X