Menolak Beli Stiker Doa di Braga, Pengunjung Malah Dihina

- Sabtu, 29 Mei 2021 | 15:35 WIB
Contoh stiker doa yang dijual oleh sekelompok ibu-ibu yang mengitari daerah Alun-alun Kota Bandung.
Contoh stiker doa yang dijual oleh sekelompok ibu-ibu yang mengitari daerah Alun-alun Kota Bandung.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Seorang warga Bandung yang hanya ingin diperkenalkan diri dengan nama Mayang, menceritakan pengalamannya saat ia dihina oleh penjual stiker-stiker berisi doa di Jalan Braga, Kota Bandung.

Ia menuturkan, kejadian itu dialaminya beberapa hari lalu, pada Senin, 24 Mei 2021. 

"Saya duduk-duduk di depan Sarinah, Braga. Dari awal saya duduk di sana, sudah banyak orang yang datang minta-minta, mulai dari kakek-kakek, pengamen, terus ada juga bapak-bapak yang kasih amplop untuk diisi uang," ujar Mayang saat mengawali ceritanya. 

Setelah memberi uang kepada pengamen yang tidak kunjung beranjak walaupun sudah ditolak, Mayang dihampiri oleh ibu-ibu yang menawarinya stiker berisi doa. Ibu itu pun mengatakan, uang dari penjualan itu untuk diberi kepada anak yatim. 

"Yang terakhir, ada ibu-ibu yang datang berdua sambil menawarkan stiker doa, katanya buat anak yatim. Terus, saya tolak sambil nyodorin tangan dan bilang 'punten'. Lalu, dia juga menawarkan ke teman saya di sebelah," tutur Mayang.

Mayang pun menyarankan temannya untuk mengembalikan stiker itu kepada ibu tersebut. Pasalnya, pada saat itu, dia dan temannya sedang tidak memegang uang receh.

"Teman saya ambil stiker itu karena dia kira stiker itu dikasih cuma-cuma. Saya kasih tahu teman saya supaya mengembalikan stiker itu karena kita berdua sedang tidak memegang uang receh," ungkap Mayang. 

Setelah diberi tahu, teman Mayang pun mengembalikan stiker tersebut seraya mengatakan penolakan secara halus. Kemudian, teman sesama penjual stiker yang datang bersama ibu itu pun mengatakan hal yang tidak mengenakkan bagi Mayang. 

"Teman saya mengembalikan stikernya dan bilang 'punten'. Kemudian, ibu-ibu satu lagi bilang ke temannya yang menawarkan stiker itu, 'Ceuk urang oge, mun rek nawaran ningali heula beungeutna. Nu kitu ditawaran (Kata saya juga, kalau mau menawarkan, lihat dulu mukanya. Yang begitu malah ditawarkan)'," kata Mayang. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 26 November 2021

Jumat, 26 November 2021 | 06:00 WIB

Jalan Kota Bandung Rusak, Perbaikan Minim Anggaran

Kamis, 25 November 2021 | 16:19 WIB
X