Dibayar Rp25.000, Kurir di Bandung Edarkan Sabu dari Lapas Jakarta

- Senin, 24 Mei 2021 | 14:57 WIB
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya pimpin ungkap kasus peredaran sabu dari Lapas Jakarta, Senin, 24 Mei 2021.
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya pimpin ungkap kasus peredaran sabu dari Lapas Jakarta, Senin, 24 Mei 2021.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Polrestabes Bandung mengamankan kurir narkoba jenis sabu di Bojongloa Kaler, Jumat, 21 Mei 2021. Pelaku berinisial ST itu diketahui mendapatkan pasokan dari jaringan pengedar dari Lapas Jakarta. 

ST diamankan oleh petugas saat sedang melakukan prosedur transaksi dengan sistem tempel. Dari pengamanan itu, Satresnarkoba Polrestabes Bandung menemukan barang bukti sejumlah 1 kg. 

"Dia sebagai kurir. Jadi, setiap ada kegiatan penempelan itu, dia mendapatkan tips sebesar Rp25.000," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya dalam ungkap kasus di Mapolrestabes Bandung, Senin, 24 Mei 2021. 

Untuk modus operandinya, ST memperoleh pasokan dari Jakarta melalui jasa pengiriman. Kurir yang ada di Jakarta mengirim ke suatu tempat di Bandung untuk selanjutnya diambil oleh ST dan diedarkan di Kota Bandung. 

"Dikirim dari Jakarta. Kurir di Jakarta itu mengirim ke ST ini. Kemudian oleh ST ditaruh di suatu tempat, dan pembeli tinggal mengambilnya. Pasokan sabu ini rencananya akan disalurkan ke seluruh Kota Bandung," ungkap Ulung. 

Kurir berinisial IK yang mendistribusikan pasokan sabu dari Lapas Jakarta kini berstatus sebagai DPO. Pihak Satresnarkoba pun kini tengah melakukan pengembangan terhadap dirinya. 

"Yang menyuruhnya pelaku berinisial IK," kata Ulung. 

ST sudah menjalani profesi sebagai kurir pengedar sabu selama satu tahun terakhir. Atas perbuatannya itu, ST disangkakan Pasal 114 ayat 2 UURI tahun 2009 Tentang Narkotika dan terancam hukuman penjara di atas lima tahun. 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 26 November 2021

Jumat, 26 November 2021 | 06:00 WIB

Jalan Kota Bandung Rusak, Perbaikan Minim Anggaran

Kamis, 25 November 2021 | 16:19 WIB
X