Aksi di Depan Gedung Merdeka Bentuk Komite Percepatan Kemerdekaan Palestina

- Sabtu, 22 Mei 2021 | 15:20 WIB
Massa aksi bela Palestina di depan Gedung Merdeka Kota Bandung, Sabtu, 22 Mei 2021, menyampaikan terbentuknya Komite Percepatan Kemerdekaan Palestina.
Massa aksi bela Palestina di depan Gedung Merdeka Kota Bandung, Sabtu, 22 Mei 2021, menyampaikan terbentuknya Komite Percepatan Kemerdekaan Palestina.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam aksi Solidaritas untuk Palestina yang berlangsung di depan Gedung Merdeka Kota Bandung, Sabtu, 22 Mei 2021, massa yang memperkenalkan diri sebagai Aliansi Masyarakat Jawa Barat Peduli Palestina menyatakan membentuk Komite Percepatan Kemerdekaan Palestina. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Dewan Dakwah Jawa Barat Muhammad Roin dan Koordinator Lapangan Aksi, Abdurrahman Anton Minardi. 

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan oleh Roin dan Anton, terdapat poin yang berbunyi, "Dengan ini, kami menyatakan terbentuknya Komite Percepatan Kemerdekaan Palestina dalam rangka merealisasikan kemerdekaan Palestina yang sesungguhnya."

Ditemui di lokasi aksi, Anton menjelaskan lebih lanjut mengenai terbentuknya komite lewat aksi yang berlangsung sejak sekitar pukul 08.00 WIB. Menurut penjelasannya, komite tersebut tidak hanya diperuntukan bagi komunitas Muslim. 

"Ini sifafnya sukarela. Tentu saja nanti isinya adalah sebuah majelis daripada berbagai macam gerakan muslim dan non-muslim. Kita persilakan jika ingin ikut bergabung sehingga kemudian kita dorong untuk kemerdekaan Palestina dan makanya aksi ini disampaikan ke depannya masih akan ada aksi-aksi lain, Insya Allah," ujar Anton. 

Sementara itu, Roin yang turut menyampaikan orasi dalam aksi menyampaikan, komite tersebut akan melakukan kerja taktis dan strategis dalam rangka mendukung kemerdekaan Palestina. Roin menyebut, kerja taktis ini meliputi bentuk-bentuk aksi massa seperti yang berlangsung di depan Gedung Merdeka. Artinya kerja strategis dalam aksi yang lebih bersifat diplomatis. 

"Kerja taktis itu seperti aksi kali ini. Untuk kerja strategis, nanti kita akan datang ke kedutaan-kedutaan besar yang memiliki hak di kancah internasional untuk secepatnya mendeklarasikan kemerdekaan Palestina," ujar Roin. 

Anton menekankan, komite tersebut berawal dari basis Jabar. Akan tetapi, komite ini pun menerima relawan dari berbagai daerah laiknya massa yang hadir dalam aksi di Gedung Merdeka kali ini.

"Diharapkan dari Kota Bandung inilah motornya, dan peserta aksi ini datang dari seluruh Jabar bahkan dari provinsi yang lain juga saya kira ada yang hadir," tegas Anton. 

Abdul Qohar, pimpinan Pondok Pesantren Al-Sodiqiyah Jatiroke Sumedang yang turut hadir untuk membakar semangat massa dengan orasinya. Dia juga menyatakan dukungan atas terbentuknya Komite Percepatan Kemerdekaan Palestina. Ia menyampaikan pesan supaya komite itu tidak ditafsirkan sebagai kelompok yang berbau fasis, rasis, teroris, ataupun radikal. 

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X