Selama Ramadan, 116 Pelaku Kejahatan Diamankan Polrestabes Bandung

- Rabu, 19 Mei 2021 | 15:55 WIB
116 pelaku kejahatan dari 85 kasus selama bulan Ramadan diamankan jajaran Polsek dan Polrestabes Kota Bandung.
116 pelaku kejahatan dari 85 kasus selama bulan Ramadan diamankan jajaran Polsek dan Polrestabes Kota Bandung.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Sebanyak 116 pelaku kejahatan diamankan oleh Polrestabes beserta jajaran Polsek Kota Bandung. Semua pelaku kejahatan itu diamankan selama kurun waktu 13 April hingga 17 Mei 2021.

"Selama kurun waktu pelaksanaan puasa Ramadan kemarin, telah terjadi perkara atau kasus C3 (curat, curas, curanmor) dan juga kasus-kasus menonjol lainnya yang viral di media sosial," ujar Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang di Mapolrestabes Bandung, Rabu, 19 Mei 2021. 

Dalam kurun waktu yang disebutkan di atas, jajaran kepolisian mengungkap sebanyak 85 kasus di lokasi dan waktu yang berbeda-beda. Dari pengungkapan itu, 116 orang dari berbagai kalangan usia telah diamankan beserta barang-barang buktinya.

"Kita melakukan pengungkapan dan penyelidikan oleh seluruh jajaran sebanyak 85 kasus. Dari 85 kasus tersebut, kita sudah menahan 116 orang dan seluruhnya dalam proses penyidikan sesuai ketentuan hukum yang berlaku," lanjut Adanan.

116 pelaku diamankan karena tindak kejahatan dengan berbagai jenis. Di antara mereka diamankan karena tindak curat (pencurian dengan pemberatan), curas (pencurian dengan kekerasan), curanmor (pencurian kendaraan bermotor), penggunaan senjata tajam, pengeroyokan, pencabulan, dan penipuan. 

"22 kasus curat, 5 kasus curas, 6 kasus curanmor, 8 kasus kepemilikan senjata tajam, 23 kasus pengeroyokan, 1 kasus pemerasan, 3 kasus cabul, dan 17 kasus tipu gelap," ungkap Adanan.

Dari pengamanan tersebut, kepolisian amankan barang bukti berupa 7 unit sepeda motor, 2 unit mobil, 10 golok, 7 pisau, 2 pucuk air soft gun, 2 unit proyektor, 1 unit komputer, satu unit printer, serta ponsel-ponsel dengan beragam jenis. 

Atas kasus-kasus yang terjadi selama bulan Ramadan tersebut, Adanan pun mengimbau agar masyarakat senantiasa melapor jika menjadi saksi atas suatu tindak kejahatan. Warga bisa menghubungi nomor darurat 110 atau mendatangi kepolisian terdekat. 

"Silakan bagi warga masyarakat yang mengetahui, melihat, atau mendengar kejadian tindak pidana untuk menghubungi kepolisian terdekat untuk segera ditindaklanjuti," imbau Adanan. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Adele, Siswi Berprestasi Kelas 5 SD yang Jago Taekwondo

Minggu, 27 November 2022 | 14:10 WIB
X