PMKS Musiman Bandung, Terpaksa Mengemis karena Di-PHK Akibat Covid

- Kamis, 6 Mei 2021 | 12:21 WIB
PMKS musiman di sekitar Masjid Istiqamah, Jalan Taman Citarum, Kota Bandung.
PMKS musiman di sekitar Masjid Istiqamah, Jalan Taman Citarum, Kota Bandung.

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) musiman tampak memenuhi sudut-sudut jalan Kota Bandung sejak awal Ramadan. Salah satunya di sekitar Masjid Istiqamah, Jalan Taman Citarum.

Nur (49), salah satu pengemis musiman yang ditemui Ayobandung.com, menuturkan, kebanyakan pengemis yang datang saat Ramadan berasal dari luar Bandung.

"Saya dari Sumedang. Awalnya tahun lalu coba-coba diajak teman, lama-lama enak juga (mengemis)," ujar Nur, Selasa, 4 Mei 2021.

Dalam sehari, Nur mengatakan bisa mendapatkan uang hingga Rp30.000 dan sumbangan makanan yang cukup banyak. Menurut Nur, ia sengaja menggunakan pakaian yang lusuh agar bisa meluluhkan hati para pemberi derma.

Sebelumnya Nur memang tak mengandalkan pendapatan dengan meminta-minta. Wanita paruh baya ini mengaku bekerja sebagai buruh pabrik sebelum terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi.

"Saya kerja pabrik, tapi dari awal Covid udah dikeluarkan. Makanya ikut teman ke sana sini cari apapun yang bisa dikerjain," ungkapnya.

Saat diajak rekannya untuk mengemis ke Bandung, Nur langsung menyetujui. Di Kota Bandung ia tinggal di sebuah rumah kontrakan tak jauh dari Masjid Istiqamah bersama belasan pengemis musiman lainnya.

"Di sini banyak orang, enak," jelasnya, sambil meninggalkan tumpukan sampah dan pergi menggunakan sepeda motor. (Uray Arulsyah Muhammad)

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Hujan Deras Guyur Gedung Sate, Buruh Tetap Bergeming

Selasa, 30 November 2021 | 14:58 WIB

Perayaan Tahun Baru 2022 di Bandung Dilarang!

Selasa, 30 November 2021 | 10:23 WIB

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X