Sabtu Siang, Ratusan Buruh Bakal Demo di Gedung Sate Bandung

- Sabtu, 1 Mei 2021 | 09:53 WIB
[Ilustrasi] Unjuk rasa buruh soal pembatalan Omnibus Law
[Ilustrasi] Unjuk rasa buruh soal pembatalan Omnibus Law

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sebagai bentuk peringatan Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei, perwakilan buruh se-Jawa Barat bakal menggelar aksi di sekitaran Gedung Sate, Sabtu 1 Mei 2021. Aksi tersebut juga dilakukan untuk menyampaikan aspirasi terkait sejumlah aturan yang dinilai masih merugikan pekerja.

Berdasarkan keterangan Ketua DPD FSP LEM SPSI Jabar Muhamad Sidarta, aksi unjuk rasa akan dilakukan mulai pukul 11.00 WIB. Setidaknya ada sekitar 300 pewakilan buruh dari berbagai serikat yang akan hadir. 

"Pada May Day kali ini KSPSI Jabar menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan di lakukan rapid test antigen untuk memastikan massa buruh tidak terpapar Covid-19," ungkap Sidarta dalam keterangannya.

Secara umum, ada lima tuntutan massa aksi buruh di Jabar yang akan disampaikan pada unjuk rasa tersebut. Yakni perihal pembatalan UU Cipta Kerja nomor 11 Tahun 2021, penolakan pembayaran tunjangan hari raya (THR) 2021 yang dicicil, penetapan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota 2021, penegakan hukum ketenagakerjaan untuk melindungi kaum buruh, serta desakan pengusutan dugaan penggelapan dana buruh di BP-Jamsostek. 

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

X