Pialang Saham Dilaporkan karena Dugaan Penggelapan Dana Nasabah 

- Selasa, 27 April 2021 | 19:03 WIB
Ilustrasi transaksi saham.
Ilustrasi transaksi saham.

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM — Diduga melakukan kecurangan dalam pengelolaan dana nasabah perusahaan sekuritas, seorang pialang saham dilaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Pelapor yang bernama Sutopo Sukamdi, warga Kota Bandung, menggandeng Rohman Hidayat sebagai kuasa hukumnya. Rohman pun menyampaikan, pihak pelapor sudah memberikan surat pengaduan ke OJK terkait dengan dugaan kecurangan yang menimpa dirinya, Selasa, 27 April 2021. 

Awalnya, Sutopo menunjuk sebuah perusahaan sekuritas untuk mengelola modalnya di pasar saham. Perusahaan itu pun menunjuk pialang saham yang terseret sebagai terlapor. 

"Pialang saham ini mentransaksikan dana klien kami di pasar saham, baik membeli maupun menjual saham tanpa persetujuan dari klien kami. Padahal, dari awal, klien kami tahu betul kapan jual dan kapan beli," ujar Rohman saat ditemui di Jalan Banda, Selasa, 27 April 2021. 

Sutopo menyadari adanya unsur kecurangan ketika dia menerima surat elektronik terkait dengan transaksi dan aktivitas di pasar saham atas nama dirinya. Sementara itu, Sutopo yakin dia tidak melakukan transaksi saham yang disebut dalam surat elektronik itu.

"Tiba-tiba, ada transaksi pembelian saham dalam jumlah yang besar tanpa ada izin dari klien kami. Saat dicek, katanya ada kesalahan IT dan sebagainya. Tapi, belakangan ada tagihan mencapai lebih dari Rp1 miliar pada klien kami yang merupakan broker fee hingga bunga margin," kata Rohman.

Jika Sutopo tidak melunasi tagihan ke perusahaan sekuritas yang mengirim pemberitahuan tersebut, saham yang sudah dibayar oleh Sutopo harus dijual di pasar saham dengan kerugian yang tidak sedikit. Pialang saham itu sempat menuai janji akan mengganti kerugian Sutopo, namun janji itu tidak kunjung dipenuhi. 

Selain Sutopo sendiri, ada juga korban lain yang masih memiliki hubungan kerabat dengan Sutopo. Kerugian dua pelapor dalam pengaduan kasus ini mencapai Rp2 miliar lebih. 

Pihak perusahaan sekuritas yang menaungi terlapor pun sudah menggandeng kuasa hukum dan melaporkan pialang saham yang bersangkutan ke Polda Jabar. [*] 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X