Masjid Mungsolkanas, Saksi Bisu Perjuangan Ulama dari Bilik Surau

- Sabtu, 17 April 2021 | 14:32 WIB
Para ulama terdahulu di Masjid Mungsolkanas Bandung.
Para ulama terdahulu di Masjid Mungsolkanas Bandung.

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Lantunan ayat Al-Qur'an sayup terdengar dari lantai dua masjid tertua di Kota Bandung. Masjid Mungsolkanas namanya, tempat beberapa anak tengah ‘ngabuburit’ dengan menghafal firman-Nya.

Letaknya berada di Jalan Cihampelas, RT 02, RW 05, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Saat memasuki masjid, kesejukan terasa mendinginkan seluruh badan. Belum lagi suasana sekitar masjid yang tidak bising dari hilir mudik kendaraan di jalan raya.

Lampunya temaram, tidak begitu terang benderang. Namun, terselip secercah sejarah di masa lalu yang melekat pada masjid berusia 152 tahun ini.

Ayobandung.com menjumpai Ketua DKM Masjid Mungsolkanas, Diki Senjaya. Ia merupakan generasi ke-6 yang mengurus masjid, dimulai dari K.H Uci, Ara Sunara, Udaya, Agus Sholihat, Diki Muttaqin, lalu hingga sekarang oleh Diki Senjaya.

Ia menerangkan masjid ini dibangun di atas tanah wakaf dari seorang janda bernama Lantenas. Dulunya masjid hanya berupa tajug atau surau yang berdiri di tengah-tengah persawahan. Berbeda dari sekarang, masjid sudah disesaki permukiman padat bahkan tersembunyi di gang kecil.

-
Masjid Mungsolkanas adalah masjid tertua di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Ghina Tsuroya/magang)

Mungsolkanas adalah akronim dari Bahasa Sunda yakni 'mangga urang sholawat ka kanjeng Nabi Muhammad SAW' atau mari kita berselawat kepada kanjeng Nabi Muhammad SAW. Menurut Diki tidak ada perubahan nama sejak awal didirikan pada 1869.

Semua sudah mengakui bahwa masjid ini tertua di Kota Bandung, terlebih dengan adanya bukti foto masjid dengan sematan nama khasnya.

“Sebelum berdirinya Masjid Raya Cipaganti, Masjid Provinsi Jawa Barat, Masjid Ujungberung, ini (Masjid Mungsolkanas) dulu yang berdiri,” jelasnya sembari menunjukkan foto lawas Masjid Mungsolkanas.

Potret tersebut memperlihatkan Masjid Mungsolkanas yang masih berdinding bilik, luasnya sekitar 15 x 20 m dengan kolam ikan di muka masjid, dan daya tampung hingga 30-40 jemaah.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Ratusan Anak di Kota Bandung Jadi Yatim Piatu

Kamis, 23 September 2021 | 12:19 WIB

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 23 September 2021

Kamis, 23 September 2021 | 05:30 WIB

Cuaca Bandung Hari Ini, Cerah Berawan Sepanjang Hari

Kamis, 23 September 2021 | 05:00 WIB

Kecepatan Vaksinasi Harian Jabar Terus Naik

Rabu, 22 September 2021 | 19:37 WIB

Pemprov Jabar Vaksinasi Warga secara Door To Door

Rabu, 22 September 2021 | 19:35 WIB

Pemulihan Ekonomi, Jabar Gali Pengetahuan Pasar Ekspor

Rabu, 22 September 2021 | 19:32 WIB

Jabar Masif Vaksinasi, Warga Bisa Vaksin di Bidan Desa

Rabu, 22 September 2021 | 19:29 WIB
X