Umumkan Barang Hilang, Waspada Pemerasan!

- Kamis, 15 April 2021 | 19:29 WIB
Pengumuman Barang Hilang.
Pengumuman Barang Hilang.

ASTANAANYAR, AYOBANDUNG.COM -- Saat mengumumkan barang hilang di media sosial, sebaiknya masyarakat berhati-hati saat dihubungi orang yang menemukan. Pasalnya, ada kasus ketika orang yang menghubungi itu malah memeras sang pelapor barang hilang dengan meminta sejumlah uang.

Seorang warga bernama Reynaldi Ramadhan mengalami seperti peribahasa "sudah jatuh tertimpa tangga". Setelah kehilangan dompet yang berisi uang dan surat-surat penting, dia diminta sejumlah uang oleh orang yang mengaku telah menemukan dompetnya dengan alasan untuk ongkos ekspedisi.

Kronologi kejadian dituturkan oleh Kharisma Dwi Aryanti, istri Reynaldi. Kejadian bermula dari hilangnya dompet Reynaldi dalam perjalanan dari Jalan Inhoftank menuju Cibaduyut pada hari Sabtu, 10 April 2021.

"Setelah hilang, saya minta posting di Instagram dan Facebook," ujar Kharisma kepada Ayobandung.com melalui pesan singkat, Kamis, 15 April 2021.

Kemudian, kata dia, ada seorang wanita yang mengabarkan via pesan singkat di Facebook yang mengatakan ada seseorang yang menemukan dompet suami Kharisma. Wanita itu lantas memberi nomor kontak orang yang katanya menemukan dompet tersebut.

"Saya teleponlah nomor itu, ternyata bilangnya (dia) menemukan dompet di Jalan Kurdi 2 dekat Inhoftank. Terus, setelah chat sama bapak itu, nggak lama (dia) telepon dan bilang sedang di jasa ekspedisi. Dia minta dikirim uang untuk ongkos kirim sejumlah Rp68 ribu. Kata dia, 'tambahin sedikit lah untuk sahur'. Saya kirimlah tambahin jadi Rp100 ribu," sambung Kharisma.

Setelah Kharisma dan suaminya mengirim uang dengan nominal yang diminta, tiba-tiba saja sang penemu dompet itu tidak memberi kabar. Saat ditelepon, orang itu tiba-tiba malah meminta uang lagi.

"Ditelepon lagi minta tambahan uang Rp100 ribu baru saya kirim katanya. 'Itu juga kalau kamu mau. Kata dia, 'Kalau nggak mau, ya sudah terserah saya. Saya yang nemu, kok jadi kamu yg nyuruh-nyuruh saya'," ujar Kharisma yang mereka ulang kata-kata pelaku.

Menurut kesaksian Kharisma, pelaku tetap ngotot tidak mau mengakui dirinya penipu dan berdalih dengan mengatakan dirinya hanya meminta uang Rp100 ribu lagi. Kharisma dan istrinya pun mengancam akan mengangkat kisahnya supaya viral. Namun, pelaku malah menantang balik dan mempersilakan Kharisma untuk memviralkan pelaku.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X