Kerugian karena Pohon Tumbang Bisa Disantuni DPKP3

- Senin, 12 April 2021 | 05:45 WIB
Selama kejadiannya berada di ruang publik, warga yang alami kerugian akibat pohon tumbang bisa mengajukan permohonan bantuan kepada DPKP3.
Selama kejadiannya berada di ruang publik, warga yang alami kerugian akibat pohon tumbang bisa mengajukan permohonan bantuan kepada DPKP3.

BABAKAN CIPARAY, AYOBANDUNG.COM -- Selama kerugian warga akibat pohon tumbang dialami di ruang publik, warga bisa mengajukan permintaan santunan dari UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3). Warga yang hendak mengajukan permintaan santunan diwajibkan untuk melampirkan keterangan dari kepolisian setempat. 

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung Roslina membenarkan hal tersebut. Menurutnya, warga yang mengalami kerugian akibat pohon tumbang yang terjadi di berbagai lokasi di Kota Bandung sejak beberapa hari lalu bisa mendatangi kantor DPKP3 untuk mengajukan permohonan bantuan. 

"Selama posisi pohon berada di lahan publik, maka bisa kita bantu santunannya. Laporkan ke DPKP3 Kota Bandung di Jalan Caringin nomor 103 dengan melampirkan surat keterangan dari pihak kepolisian setempat," ujar Roslina saat dimintai konfirmasi melalui pesan singkat, Minggu, 11 April 2021.

Pada hari Minggu siang, 11 April 2021, sejumlah pohon di beberapa titik di Kota Bandung tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Di Kiaracondong, sebuah mobil mengalami kerusakan berat akibat pohon tumbang yang menimpa tatkala angin berhembus dengan kencang. 

Kejadian serupa pun terjadi di Jalan Terusan Buah Batu dan Jalan Gamelan. Di Terusan Buah Batu, pohon menimpa sebuah truk Pertamina sehingga sempat menimbulkan kemacetan karena batang pohon yang melintang di ruas jalan. 

Menurut pengamatan UPT, pohon tumbang akibat angin kencang bisa jadi disebabkan oleh pemerolehan nutrisi yang kurang memadai. Akibatnya, batang pohon pun lebih rentan patah sehingga bisa tumbang saat ada pergerakan angin yang sangat cepat. 

"Yang penting adalah akar. Kalau akar tumbuh sempurna dan sehat, insyaallah aman," ujar Roslina. 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Toko Mas Gaya Baru Kosambi Dirampok!

Senin, 20 September 2021 | 16:04 WIB

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 20 September 2021

Senin, 20 September 2021 | 05:58 WIB

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 18 September 2021

Sabtu, 18 September 2021 | 05:00 WIB

5 Toko Roti Nuansa Jadul Terpopuler di Kota Bandung

Jumat, 17 September 2021 | 18:51 WIB
X