Kebijakan PTM Kota Bandung Libatkan Keputusan Orang Tua

- Jumat, 9 April 2021 | 17:53 WIB
[Ilustrasi] Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) kota Bandung akan dikombinakasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kebijakan ini akan berlaku saat sekolah sudah mengajukan untuk PTM dan melalui rekomendasi dari satgas Covid-19.
[Ilustrasi] Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) kota Bandung akan dikombinakasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kebijakan ini akan berlaku saat sekolah sudah mengajukan untuk PTM dan melalui rekomendasi dari satgas Covid-19.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM kota Bandung akan dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kebijakan ini akan berlaku saat sekolah sudah mengajukan untuk PTM dan melalui rekomendasi dari satgas Covid-19.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, dalam pelaksanannya nanti, orang tua akan dilibatkan untuk memilih apakah anaknya sekolah tatap muka atau belajar jarak jauh.

“Jadi kita akan berikan kewenangan bagi orang tua apakah (anaknya) mau PTM atau PJJ, dengan tidak ada paksaan” jelas Oded, Jumat, 9 April 2021.

Oded menuturkan, prosedur yang akan diterapkan saat PJJ yakni pelaksanaan pembelajaran maksimal hanya 3 jam dengan dua mata pelajaran. Kapasitas kelas juga dibatasi hanya 30%-50% dengan adanya jaga jarak antar murid 1,5 meter.

Kemudian, Oded mengatakan, kegiatan olahraga, pramuka, atau ekstrakulikuler lainnya akan ditiadakan. Begitu pula kantin sekolah.

Lebih jauh Oded menjelaskan, setiap satuan pendidikan akan dibentuk satgas Covid-19 untuk membantu jalannya PTM. Sementara sasaran vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan data dinas pendidikan dan kemenag berjumlah 35.904 yang ditargetkan selesai pada Mei 2021.

“Sasaran PTK ini pada jenjang SD, SMP, SMA, RA, MA, MI, MTS, dan MAK. Hingga kini (di Kota Bandung) telah divaksin sebanyak 2.200 PTK yang dilakukan secara massal di setiap kecamatan,” lanjutnya.

Persiapan PTM akan dilangsungkan dari April hingga Juli mendatang bagi satuan pendidikan yakni berupa simulasi dan monitoring. Meski begitu, belum ada sekolah yang mengajukan PTM karena kebijakan ini baru saja diputuskan. (Ghina Tsuroya)

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Pasien Covid-19 di RSHS Hanya Tersisa 9 Orang 

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:05 WIB

PWI Jawa Barat Komitmen Wujudkan Kompetensi Wartawan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:38 WIB
X