Vaksinasi Covid-19 saat Puasa, Simak Penjelasan Medis dan Agama

- Selasa, 6 April 2021 | 16:31 WIB
Vaksinasi Covid-19.
Vaksinasi Covid-19.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Dinas Kesehatan Kota Bandung memastikan program vaksinasi Covid-19 selama Ramadan akan berjalan lancar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani memastikan vaksinasi tetap berjalan normal selama Ramadan. Pasalnya, para ahli kesehatan menyebutkan, tidak ada perbedaan vaksinasi saat berpuasa dengan di waktu yang lain.

“Kalau dari sisi kesehatan sampai saat ini memang beum ada penelitian dilakukan bagaimana vaksinasi kepada orang yang sedang puasa. Tetapi para ahli menyampaikan sebetulnya secara medis tidak ada perbedaan antara sedang shaum ataupun yang tidak,” ucap Rosye di Balai Kota Bandung, Selasa, 6 April 2021. 

Namun, khusus bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit bawaan cukup berat diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. 

“Hanya pada saat Ramadan yang punya penyakit tertentu lebih baik konsultasi pada dokter dan pada saat sahur makan makanan yang cukup. Bagi yang akan divaksin juga harus jujur terhadap riwayat penyakit,” imbuhnya.

Perihal adanya informasi yang beredar mengenai anjuran untuk makan berat terlebih dahulu, Rosye menuturkan hal itu hanya sebagai langkah antisipasi. Sebab, bisa jadi setelah divaksin merasakan pusing. Namun hal itu dapat diakibatkan lantaran belum makan.

“Kadang yang pusingnya itu karena kadar glukosa kurang dari tubuh. Ini jadi bias apakah karena vaksinasi atau bukan. Makanya dianjurkan untuk makan dahulu,” ulasnya.

Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Bidang Fatwa dan Konsultasi Keagamaan MUI Kota Bandung, Asep Djamaludin menyatakan dalam kondisi tertentu dan kemendesakan maka berbuka puasa sebelum waktunya diperbolehkan. Hal itu berkenaan dengan anjuran makan terlebih dahulu sebelum penyuntikan vaksin.

Menurut Asep, jika memang dihadapkan pada kondisi darurat lantaran berbenturan dengan masalah kesehatan yang sangat kronis maka berbuka pun dibolehkan. Di samping situasi dan kondisi darurat, sekali pun berbuka maka puasanya tetap harus diganti di hari lain.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 27 September 2021

Senin, 27 September 2021 | 04:30 WIB

Kini Minyak Goreng Bekas Pakai Bisa Ditukar Menjadi Emas

Minggu, 26 September 2021 | 12:05 WIB

Jadwal Sholat Bandung dan Sekitarnya, 25 September 2021

Sabtu, 25 September 2021 | 05:50 WIB

Informasi SIM Keliling Bandung, 25 September 2021

Sabtu, 25 September 2021 | 05:10 WIB
X