SADAR HATI: Kerja Peduli untuk Peternak Sapi

- Kamis, 1 April 2021 | 21:15 WIB
Asep Mahmud Yusup yang biasa disapa (AMY).
Asep Mahmud Yusup yang biasa disapa (AMY).

KBB, AYOBANDUNG.COM  — Organisasi besutan Anas Urbaningrum tahun 2013 lalu, PPI (Perhimpunan Pergerakan Indonesia) sudah merambah beberapa kota dan kabupaten seluruh indonesia, khususnya sudah masuk Kabupaten Bandung Barat (KBB).

PPI DPC KBB yang dimotori oleh Sekretaris Cabang KBB, Asep Mahmud Yusup yang biasa disapa (AMY), turut berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat KBB melalui organisasinya PPI. Ini dilakukan dengan program SADAR HATI (Sapi Darurat Harga Tinggi).

SADAR HATI dijelaskan sebagai program PPI guna menolong para peternak sapi untuk menjual sapinya dalam keaadaan emergency (sakit atau afkir) tanpa melewati bandar ugal-ugalan. Sebagaimana diketahui, bandar ugal-ugalan kerap memanfaatkan situasi terjepit peternak dengan harga yang menjepit.

SADAR HATI pun merupakan program yang mengapresiasi jerih payah peternak sapi, untuk mendapatkan harga layak bagi sapi yang dijualnya.

Sapi kritis sering kali ditawar murah, sehinggai menimbulkan "harga tragis". Peternak hanya dapat pasrah, ketika sapinya dijual darurat dengan "harga menjerat", Begitu ungkapan dari AMY, menggambarkan situasi peternak sapi yang selama ini ia saksikan di wilayah geraknya di KBB.

Beruntung, ia mendapatkan jaringan yang satu visi dan menunjukkan simpati, yaitu jaringan RPH (Rumah Potong Hewan) Cikartani yang berkolaborasi dengan KPSBU (Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara).

AMY pun berharap, setidaknya program SADAR HATI ini bisa jadi penawar kenelangsaan dan solusi bagi peternak sapi. Semoga mereka dapat upah yang layak dari jerih payah mengurus sapi, dengan harga yang tidak asal-asalan. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X