500 Jenis Tanaman Hias Percantik Taman Balai Kota Bandung

- Jumat, 26 Maret 2021 | 10:18 WIB
Taman Dewi Sartika di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung.
Taman Dewi Sartika di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Taman Dewi Sartika di Balai Kota Bandung menjadi salah satu dari belasan taman di Kota Bandung yang digandrungi masyarakat.

Tahukah Anda, ternyata ada lebih dari 500 jenis tanaman hias yang ikut mempercantik taman yang terletak di Jalan Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, ini. Tanaman-tanaman itu di antaranya kuncir merah, perla, lili paris, dan sutra bombay.

Menurut pengurus Taman Balai Kota Bandung, Andri Yulianto (40), tanaman hias mulai banyak menghiasi Taman Dewi Sartika sejak Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

“Sejak ada Pak Ridwan jadi (banyak) tanaman hias, dulu mah seadanya, ada programnya dari Pak Ridwan,” terangnya kepada Ayobandung.com, Rabu (24/03/2021).

Taman yang memiliki luas lebih dari 4.000 meter ini dirawat oleh 23 orang. Namun akibat pandemi, jumlahnya berkurang menjadi 20 orang saja.

“Dulu mah ada 22 orang, 23 sama koordinator, tapi karena Covid ada pengurangan 3 orang,” ujar Andri. 

Andri menuturkan, setiap setahun sekali tanaman hias di balai kota dievaluasi kondisinya. Tanaman yang sudah rusak, tidak layak, dan tua akan diganti dengan tanaman yang baru untuk peremajaan. 

Uniknya, kata dia, pemeliharaan tanaman seluruhnya bersumber dari taman itu sendiri. Pupuk yang digunakan bersumber dari sampah organik yang diolah menjadi kompos oleh para perawat tanaman. 

Kompos tersebut berasal dari daun yang jatuh di sekitar taman, kemudian dikumpulkan dan dicampur dengan Em4, kapur, dan kotoran domba, serta gula merah, semua bahan tersebut dicampur kemudian diendapkan selama dua bulan untuk siap digunakan. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X