Saatnya Taman Balai Kota Bandung Bernapas

- Kamis, 25 Maret 2021 | 05:16 WIB
Taman Dewi Sartika di Balai Kota Bandung.
Taman Dewi Sartika di Balai Kota Bandung.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 telah memberi ruang bagi taman di Balai Kota Bandung untuk 'bernapas' dari sampah selama lebih dari satu tahun.

Koordinator Taman Dewi Sartika, Harisma Octaviany mengatakan, pandemi sebenarnya membawa dampak positif dan jugs negatif. Menurutnya, berkurangnya pengunjung untuk mencegah kerumunan ternyata telah mengurangi sampah yang terkumpul setiap harinya, bahkan hingga 50%.

"Sehari di Taman Dewi Sartika saja ada 20 kg (sampah organik dan anorganik) setiap harinya. Tapi kini (saat pandemi) berkurang menjadi 10 kg," terangnya kepada Ayobandung.com, Rabu, (24/3/2021).

Ia menuturkan, pada 2019, Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial meluncurkan program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah). Program ini dimaksudkan untuk mengurangi debit sampah khususnya di tiga taman sekitar balai kota, yakni Taman Sejarah, Taman Plaza, dan Taman Dewi Sartika.

Harisma menjelaskan pada realisasinya, program Kang Pisman di ketiga taman ini berbentuk pemisahan sampah organik dan anorganik.

"Sampah anorganik akan dibawa oleh Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung setiap satu minggu sekali. Sedangkan sampah organik akan dijadikan pupuk kompos bagi tanaman di ketiga taman balai kota," katanya.

-
Pengolahan sampah di taman Balai Kota Bandung. (Ayobandung.com/Ghina Tsuroya/magang)

Terlepas dari itu, tidak adanya pengunjung memberi nuansa berbeda dari biasanya. Sebagai perbandingan, sebelum pandemi suasana taman dipenuhi pengunjung, baik untuk berdiskusi, membaca di tempat duduk yang disediakan, hingga berswafoto.

Namun berdasarkan pantauan Ayobandung.com pada Rabu (24/3/2021), Taman Dewi Sartika tampak sangat sepi. Hanya beberapa orang yang bersantai di sekitarannya, seluruh jalur masuk juga terlihat dututup.

Harisma menyebut belum ada rencana untuk membuka kembali taman di balai kota karena situasi pandemi yang masih mengintai. (Ghina Tsuroya)

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Tiga Kios Terbakar di Jalan Soekarno Hatta

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:11 WIB

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:00 WIB

Cantiknya Warna Warni Mural di Babakan Siliwangi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:23 WIB

Kebakaran di Pagarsih Hanguskan Lima Rumah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:41 WIB
X