Stilasi Bandung Lautan Api Diusulkan Jadi Wisata Edukasi

- Rabu, 24 Maret 2021 | 16:08 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan.
Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengusulkan agar 10 stilasi jejak Bandung Lautan Api dijadikan sebagai wisata edukasi.

Hal itu dilontarkannya usai mengikuti upacara Peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, Rabu 24 Maret 2021.  

“Saya mendorong untuk direvitalisasi. Jadi bukan hanya monumen saja, harus ada edukasinya. Kami (DPRD) mohon agar ada tambahan edukasi,” pintanya.

Menurutnya, 10 stilasi bisa menjadi objek wisata sejarah. Ia juga menyarankan untuk dibuatkan jalur sepeda agar masyarakat maupun wisatawan mengetahui kawasan itu.

“Agar warga Bandung mengetahui sejarah. Jadikan wisata sejarah dengan membuat jalur sepeda,” usulnya.

“Jalur sepeda bisa kerja sama dengan hotel, sehingga ada kenangan dengan objek wisata sejarah Bandung Lautan Api,” tambah Tedy.

Menurutnya, budaya sepeda di masa pandemi ini menjadi daya tarik. Ia katakan, titik yang ada pada stilasi itu menjadi jalur wisata.

“Budaya sepada akan menjadi destinasi menarik. Titik itu kita jadikan objek atau wisata, bahkan bisa jadi event atau lomba gerak jalan,” jelas Tedy.

Perlu diketahui, untuk memperingati jejak-jejak peristiwa Bandung Lautan Api yang bersejarah, Bandung Heritage bekerja sama dengan sejumlah pihak pada 1997 membuat 10 stilasi.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X