Tugas Diskar PB Kota Bandung, Antara Profesionalisme dan Benturan Anggaran

- Rabu, 17 Maret 2021 | 14:52 WIB
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Oded M. Danial meminta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung lebih profesional dan memiliki kemandirian kerja. Permintaan itu, disampaikan Oded saat menghadiri HUT Diskar PB ke-102  tingkat Kota Bandung, di Mako Damkar, Jalan Sukabumi Kota Bandung, Rabu (17/3/2021).

Oded mengatakan, Diskar PB Kota Bandung terus menjaga profesonalisme. Pasalnya, jumlah populasi di Kota Bandung akan terus naik dan berdampak pada potensi kebakaran akan semakin besar. 

"Ke depan tantangannya akan semakin berat," ujar Oded.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana mengatakan, pihaknya telah berupaya terus memberikan pelayan yang maksimal kepada masyarakat.

Meski begitu, Dadang mengaku kecewa dengan anggaran Diskar PB untuk tahun 2021. Menurutnya, anggaran Rp10 Miliar untuk tahun 2021 belum cukup untuk memenuhi biaya operasional Diskar PB.

"Gaji PHL aja Rp14 Miliar, perawatan, dan yang lain-lain. Kan ini tidak bisa, dituntut profesional mandiri, tapi anggaran sangat terbatas, sangat sulit," tegasnya.

Dadang menambahkan, banyak sarana-prasarana Diskar PB yang membutuhkan perbaikan bahkan penggantian. Menurutnya dengan anggaran yang ada pihaknya begitu kesulitan untuk beroperasional secara maksimal.

"Kami repot untuk menganggarkan, untuk pengaman diri, saya tegaskan, baju APD gantian, kemarin kebakaran saya suruh masuk, mereka bilang pak oksigennya terbatas, tidak ada, harus nunggu, harus ngisi dulu, alat penyedot asap sampai mogok,"

Dadang menyebut, saat ini Diskar PB hanya memiliki 25 unit kendaraan. Namun itu pun 8 kendaraan rawat jalan dan 3 rusak berat.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X