Warga RW 2 Sarijadi Gotong Royong Bangun Fasilitas di Posko Covid-19

- Senin, 15 Maret 2021 | 11:56 WIB
Posko Covid-19 RW 2 Sarijadi Kota Bandung.
Posko Covid-19 RW 2 Sarijadi Kota Bandung.

SUKASARI, AYOBANDUNG.COM -- Keberhasilan penanganan Covid-19 tidak hanya bergantung pada kesigapan pemerintah saja. Namun, juga ditentukan oleh kolaborasi warga untuk memberikan dukungan penuh seperti yang muncul di RW 02 Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari.

Ili Suherli, selaku ketua RW di wilayah tersebut mengomandoi masyarakat untuk terbuka dan peduli terhadap Covid-19. Termasuk mengajak masyarakat yang mampu secara finansial agar menyisihkan sebagian uang khusus sebagai bantuan penanganan Covid-19.

“Dengan spontanitas memberikan sumbangan, dan diteruskan ke grup RT sekarang terkumpul Rp3.750.000,” ucap Ili.

Di RW 02 Sarijadi ini terdapat posko Covid-19 yang dioptimalkan sebagai tempat isolasi. Kendati dirancang secara darurat, namun sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur, toilet, dan bahkan terdapat sebuah radio.

-
Fasilitas di Posko Covid-19 RW 2 Sarijadi. (dok. Humas Setda Kota Bandung)

Menurut Ili, hasil sumbangan yang terkumpul dari warga kemudian dibelanjakan untuk membeli sejumlah obat-obatan, vitamin, perlengkapan kesehatan, seperangkat kelengkapan standarisasi protokol kesehatan, serta bahan makanan dan kebutuhan ruang isolasi lainnya.

“Semua ini murni partisipasi masyarakat. Kita ada bantuan dari pihak kepolisian untuk panel struktur, papan evaluasi, panel zonasi,” jelasnya.

Ili memaparkan, semenjak pandemi Covid-19 terdeteksi di Kota Bandung hingga saat ini terdapat 21 warga RW 2 Sarijadi yang terpapar. Salah satunya meninggal dunia. Selebihnya, sudah ditangani dengan baik dan mendapat dukungan dari warga lainnya.

Hingga saat ini ruang isolasi yang disiapkan di posko terpadu belum pernah digunakan. Hal itu karena dukungan warga untuk bisa isolasi mandiri di rumahnya masing-masing berjalan dengan maksimal. 

Bahkan, Ili berharap ruangan tersebut jangan sampai dipakai.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

X