Aset Sudah di Tangan Pemkot, Sewa Kelola GBLA Segera Dilelang

- Kamis, 25 Februari 2021 | 19:15 WIB
Stadion GBLA.
Stadion GBLA.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung angkat bicara soal opsi sewa kelola stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kepada pihak ketiga. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung menyatakan saat ini seluruh aset GBLA telah berada di bawah kewenangan pemkot.

"Kita fokus kemaren serah terima sudah tuntas. Sekarang ini oleh Pak Sekda (Sekretaris Daerah) sudah diserahterimakan pada Dispora seluruhnya. (GBLA) sudah menjadi aset Pemkot Bandung yang dikelola Dispora," ungkap Kadispora Kota Bandung Eddy Marwoto di Balai Kota Bandung, Kamis (25/2/2021).

Dia mengatakan, opsi penyewaan GBLA saat ini masih diproses di tahap admisnitrasi. Nantinya, pihak Dispora akan segera melelang pihak yang dapat menyewa stadion tersebut.

"Sekarang masih tahap administratif karena ada kajian feasible study, nilai fungsi, dan lain-lain. Nanti dibentuk tim kerjasama pemanfaatan, baru dibentuk tim panitia lelang," ungkapnya.

"Tim ini yang akan lakukan tahapan-tahapan selanjutnya untuk proses lelang dan proses selanjutnya. Mudah-mudahan sudah ada pemenangnya tahun ini," lanjutnya.

Dia mengatakan, sejauh ini biaya pengelolaan GBLA mencapai Rp 2,4 miliar per-tahun. Anggaran tersebut dinilai cukup menjadi beban bila hanya bersumber dari APBD Kota Bandung.

"Kita tidak pungkiri (biaya pemeliharaan GBLA) itu luar biasa. Perwatan fisiknya mencapai Rp2,4 miliar tapi sebenanrya masih kurang. Idealnya bisa mencapai Rp10 miliar perawatan itu," ungkapnya.

Ketika disinggung soal pihak yang dapat menyewa GBLA, dia mengatakan, penyewa tidak terbatas hanya pada tim olahraga di Kota Bandung seperti Persib. Pihak lainnya juga dapat menyewa bila sesuai kriteria.

"Boleh, karena semua punya hak. Bila secara profesional dia memenuhi syarat kenapa tidak," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Kota Bandung Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:30 WIB

Hujan Deras Bikin Banjir Cileuncang di Kota Bandung

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:25 WIB

PPKM Diperpanjang, Kasus Covid-19 Bandung Tersisa 93

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Wagros Jadi Wadah UMKM Jabar Pulihkan Ekonomi

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:59 WIB

Lansia di Jabar Bisa Vaksinasi Covid-19 di Bidan Desa

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:56 WIB
X