Jelang Piala Menpora 2021, Pemkot Bandung Fokus Rawat Rumput Stadion GBLA

- Kamis, 25 Februari 2021 | 17:36 WIB
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. GBLA memiliki 40.000 single seat dan pembangunannya menghabiskan dana Rp545 miliar.
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. GBLA memiliki 40.000 single seat dan pembangunannya menghabiskan dana Rp545 miliar.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Di tengah keterbatasan anggaran dan minimnya pemasukan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung tetap berupaya memelihara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Terlebih stadion ini juga dibidik jadi penyelenggaran turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Kepala Dispora Kota Bandung, Eddy Marwoto menyatakan tengah fokus merawat rumput lapangan. Sehingga, ketika PT Liga Indonesia Baru (LIB) ingin memakai Stadion GBLA sudah sangat mumpuni untuk menggelar pertandingan.

“Ini terus kita upayakan maksimal pemeliharaan secara berkesinambungaan. Terutama yang sekarang sedang kita lakukan adalah perawatan rumput. Insya Allah pada saat pertandingan sudah semakin layak,” ucap Eddy di Balai Kota Bandung, Kamis (25/2/20210).

Eddy tidak memungkiri apabila perawatan untuk Stadion GBLA cukup berat apabila megandalkan dari APBD. Dalam satu tahun, biaya yang diperlukan untuk perawatan seluruh area stadion secara fisik di tahun 2021 ini sebesar Rp2,4 miliar.

Jumlah tersebut, menurut Eddy sudah mengalami penurunan dengan nominal sekitar ratusan juta untuk mendukung penanganan Covid-19. 

Perampingan anggaran tersebut diakuinya mengefisiensi kebutuhan perawatan mekanikal.

“Biaya listrik saja flat Rp90 juta per bulan. Jadi kalau kita akumulasikan listrik saja hampir Rp1 miliar lebih per tahun. Perawatan rumput dalam Rp400 juta, rumput luar Rp200 juta. Ditambah pemeliharaan mekanikal elektrikal seperti lampu, kemudian bangunan yang ada unsur elektrikal Rp500 juta itu total hampir mencapai Rp2,4 miliar,” bebernya.

Oleh karenanya, Eddy mengungkapkan saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi menyiapkan kelengkapan administrasi untuk melakukan lelang pengelolaan Staadion GBLA. Proses pelelangan ini ditargetkan tuntas pada 2021 ini.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Pasien Covid-19 di RSHS Hanya Tersisa 9 OrangĀ 

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:05 WIB

PWI Jawa Barat Komitmen Wujudkan Kompetensi Wartawan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:38 WIB
X