Ancaman Gempa Sesar Lembang, Bangunan Kokoh Jadi Kunci

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 05:51 WIB
Jalur Sesar Lembang.
Jalur Sesar Lembang.

LENGKONGAYOBANDUNG.COM — Bangunan kokoh menjadi salah satu kunci mitigasi gempa yang bisa timbul dari aktivitas Sesar Lembang. Diketahui, dari hasil permodelan, tingkat guncangan gempa Sesar Lembang bisa mencapai magnitudo 6,8 di kedalaman 10 km (Pusgen, 2017).

Guru Besar Ilmu Geoteknik Universitas Parahyangan Prof Paulus P Rahardjo mengatakan, selama bangunan kuat, tidak akan ada korban jiwa dari bencana gempa. Menurutnya, mayoritas bangunan dari pasangan bata roboh karena ikatan lemah.

Ia menuturkan, sebaiknya masyarakat tidak mendirikan bangunan berjarak hingga 20 meter dari pusat sesar. Jika terpaksa, harus ada teknologi struktur bangunan yang menyertainya.

Menurut dia, kerusakan gempa berpotensi terjadi lebih besar di lokasi terdekat dengan sesar karena semakin jauh sebuah daerah dengan pusat gempa, maka akselerasinya semakin rendah. Namun, lokasi yang jauh dari gempa bukan berarti aman karena ada wilayah yang tanahnya lunak, misalnya seperti wilayah Gedebage.

“Bandung selatan tanah endapannya sangat tebal sehingga kondisinya sangat lunak. Tanah lunak lebih berbahaya sehingga bangunannya harus lebih kuat,” katanya, dalam webinar bertajuk ‘Sesar Lembang, Potensi Bencana di Balik Pesona Panorama’, Jumat (19/2/2021).

Paulus juga memperkenalkan istilah respons spektrum atau respons bangunan terhadap getaran gempa. Respons ini dapat berupa spektrum peralihan, spektrum kecepatan, spektrum akselerasi.

“Karena bangunan memiliki frekuensi getaran yang berbeda, maka respons terhadap getaran dari tanah juga berbeda,” ujar dia.

-
Warga beraktivitas di tempat tinggalnya yang berdekatan dengan Gunung Batu, Dago Giri, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, (1/2/2021). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Faktor yang dapat berpengaruh pada respons spektrum, di antaranya jarak bangunan ke sumber gempa, topografi area tempat bangunan berada, geologi lokasi, jenis dan pelapisan tanah, serta kedalaman batuan dasar

“Gempa yang sama dapat memberikan dampak yang berbeda pada struktur yang berbeda,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

X