Bandung Masuk 10 Besar Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik Dunia

- Kamis, 18 Februari 2021 | 14:21 WIB
Kota Bandung masuk ke dalam jajaran 10 besar peringkat tertinggi kota dengan makanan tradisional terbaik di dunia di 2020 versi TasteAtlas.
Kota Bandung masuk ke dalam jajaran 10 besar peringkat tertinggi kota dengan makanan tradisional terbaik di dunia di 2020 versi TasteAtlas.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bandung masuk ke dalam jajaran 10 besar peringkat tertinggi kota dengan makanan tradisional terbaik di dunia di 2020. Kota Bandung berada di peringkat ketujuh, mengalahkan Napoli, Melbourne, dan Lisbon.

Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh TasteAtlas, situs asal Kroasia yang melakukan kurasi makanan tradisional, makanan khas daerah dan berbagai resep asli berbagai daerah di dunia.

Kurasi tersebut dilakukan oleh 30 penulis dan peneliti, yang hingga saat ini telah berhasil mengumpulkan 20.000 jenis makanan dan resep serta 15.000 restoran tradisional di seluruh dunia.

TasteAtlas kerap melakukan pemeringkatan terhadap sejumlah kategori, seperti makanan tradisional terbaik di dunia, restoran tradisional terbaik di dunia, dan hal lainnya. Kota Bandung bertengger di peringkat ketujuh kategori World's Best Cities for Traditional Foods setelah Paris, Roma, Buenos Aires, Istanbul, Mexico City dan Kyoto.

Di laman situs TasteAtlas, beberapa makanan khas yang diasosiasikan dengan Kota Bandung di antaranya adalah mie kocok, batagor dan kupat tahu. Selain itu, situs tersebut juga menyebut Batagor Kingsley, Warkop Modjok, Armor Kopi, Surabi Cihapit dan Cireng Cipaganti ke dalam restoran otentik terbaik di Kota Bandung.

Hal ini juga diunggah di akun Instagram @seasia.co pada Rabu (17/2/2021). Akun tersebut menyebutkan bahwa pemeringkatan pada kategori World's Best Cities for Traditional Foods dilakukan oleh kritikus restoran profesional dan voting yang melibatkan 63.402 audiens aktif TasteAtlas pada 2020. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kemudian mengunggah ulang keterangan tersebut dan mengucapkan selamat atas keragaman kuliner tradisional di Kota Bandung. Selain mendapat peringkat ketujuh di dunia, dalam kategori tersebut Kota Bandung juga menjadi negara di ASEAN yang memiliki peringkat paling tinggi.

"Selamat! untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran juara dunia dan juara 1 se ASEAN, dari Taste Atlas Award 2020," ungkap Ridwan Kamil di akun Instagram @ridwankamil, Kamis (18/2/2021).

"Kepada Om Tutug Oncom tolong pertahankan. Kepada Bang Tigor Batagor tolong tingkatkan. Kepada Bibi Surabi tolong terus promosikan. Kepada ‘Ratu Elizabeth’, Cendolnya tolong dipopulerkan. Salam Seuhah," tulisnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 29 September 2021

Rabu, 29 September 2021 | 04:00 WIB

Eks Karyawan PT KAI Demo, Ini Tuntutannya

Selasa, 28 September 2021 | 15:12 WIB

Covid-19 Bandung Terjun Bebas, Tinggal Tersisa 131 Kasus

Selasa, 28 September 2021 | 11:27 WIB

Masuk Musim Hujan, Banjir Mulai Intai Kota Bandung

Selasa, 28 September 2021 | 09:15 WIB
X