Demo Pegawai Bank BRI Bandung, Ekonom Pertanyakan Tata Kelola Perusahaan

- Sabtu, 13 Februari 2021 | 04:08 WIB
Logo BRI
Logo BRI

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Aksi demonstrasi sejumlah marketing dan analis mikro alias mantri Bank BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Bandung mendapat sorotan sejumlah pihak. 

Ekonom sekaligus Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Bandung Koordinator Jawa Barat Aldrin Herwany mempertanyakan tata kelola atau good corporate governance (GCG) kantor tersebut.

Dia mengatakan, keluhan karyawan terkait ketidaksesuaian jam kerja dan beban kerja seharusnya dapat ditangani secara internal. Bila sesuai prosedur yang berlaku, karyawan idealnya dapat menyampaikan keluhan tersebut melalui jalur komunikasi aduan yang telah diatur dalam standar operasional perusahaan (SOP) perusahaan.

"Kalau aturan tidak sesuai sebenarnya kan bisa protes ke atasan, kalau sampai protes ke jalan melakukan aksi demo berarti mungkin tidak ada respons dari atasan. Bila seperti itu, tata kelola BRI untuk karyawan tidak baik," ungkap Aldrin ketika dihubungi Ayobandung.com, Jumat (12/2/2021).

Tata kelola tersebut, dia mengatakan, mencakup aturan jam kerja tak terkecuali di masa pandemi Covid-19. Hal-hal tersebut idealnya sudah diatur dalam SOP yang berlaku di seluruh perusahaan.

Bila dilanggar dan bahkan menimbulkan protes dari karyawan, dampaknya dapat meluas pada pelayanan publik yang terganggu.

"Bila seperti ini bisa jadi karyawan hanya penuhi KPI dari kakanwil saja, memaksakan karyawan bekerja tanpa merujuk aturan BRI. Itu dampaknya bisa merugikan nasabah, bila para pegawai unjuk rasa pelayanan publik bisa terganggu," ungkapnya.

Lebih jauh, dia mengatakan, bila permasalahan tersebut tidak tertangani, bukan tidak mungkin kepercayaan publik terhadap bank BUMN tersebut dapat turun.

"BUMN kan bukan hanya mencari untung saja sebenarnya, tapi perpanjangan tangan pemerintah juga. Image BRI bisa terdampak dan berakibat pada turunnya kepercayaan publik. Masa permasalahan seperti itu saja tidak dapat ditangani internal," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 26 November 2021

Jumat, 26 November 2021 | 06:00 WIB

Jalan Kota Bandung Rusak, Perbaikan Minim Anggaran

Kamis, 25 November 2021 | 16:19 WIB
X