Disnakertrans Jabar Tunggu Aduan Mantri BRI Kanwil Bandung soal Pelanggaran Jam Kerja

- Jumat, 12 Februari 2021 | 18:42 WIB
Kantor BRI Kanwil Bandung di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.
Kantor BRI Kanwil Bandung di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat menunggu aduan marketing dan analis mikro alias mantri Bank BRI Kanwil Bandung terkait dugaan pelanggaran jam kerja.

Pengawas tenaga kerja Disnakertrans Jabar sendiri sudah bertemu dengan perwakilan mantri dan akan segera membahas langkah lebih lanjut.

Kepala Disnakertrans Jabar Taufik Garsadi mengatakan, pihak pengawas telah melakukan kontak dengan perwakilan mantri Bank BRI Kanwil Bandung, Kamis (11/2/2021). Selanjutnya, para mantri diagendakan datang ke Kantor Disnakertrans Jabar untuk menindaklanjuti persoalan tersebut.

"Kemarin sudah ada kontak dengan karyawan Bank BRI akan datang ke kantor. Mungkin hari Senin (15/2/2021) besok, kita akan tunggu untuk dicarikan solusi terbaiknya," ungkap Taufik kepada Ayobandung.com, Jumat (12/2/2021).

Secara prosedur pihaknya akan menunggu pihak karyawan untuk menyampaikan delik aduan terkait dugaan pelanggaran yang terjadi. Setelah itu, Disnakertrans Jabar akan meninjau kasus untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Secara prosedural untuk menindaklanjutinya, memang kita menunggu pihak-pihak untuk mengajukan delik aduan kepada Disnakertrans. Nanti kita lihat apakah cukup dimediasi atau harus dilakukan pemeriksaaan atau penyidikan oleh pengawas," jelasnya.

Bila terbukti terdapat pelanggaran, dia mengatakan, pihaknya akan menerapkan prosedur dalam tiga tahap. Mulai dari tahap pembinaan hingga pengadilan bila titik temu tak kunjung dihasilkan.

"Prosedur kita ada tiga tahap, preventif edukatif (pembinaan), represif no justicia atau peringatan 1 dan 2, paksa tanpa pengadilan kemudian baru represif projusticia (dengan pengadilan)," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi demonstrasi dilakukan oleh para pegawai BRI kanwil Bandung di depan Gedung BRI di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (10/2/2021). Menurut salah satu pegawai, setiap harinya mereka bekerja di luar ketentuan, yakni pulang pada pukul 22.00 WIB.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Angka Pengangguran Kota Bandung Bertambah 3%

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:50 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung Ditambah, Catat Titiknya!

Kamis, 2 Desember 2021 | 13:02 WIB

Pedagang Kaki Lima: Dapat Durian Runtuh di Demo Buruh

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:57 WIB

9.000 ODHA Belum Terdata Dinkes Kota Bandung

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:41 WIB
X