Di Bawah Ancaman Tutup, Seniman Saung Angklung Udjo Tetap Berkarya

- Rabu, 27 Januari 2021 | 12:35 WIB
Pencipta inovasi angklung dan generasi kedua Saung Angklung Udjo, Yayan Mulyana.
Pencipta inovasi angklung dan generasi kedua Saung Angklung Udjo, Yayan Mulyana.

CIBEUNYING KIDUL, AYOBANDUNG.COM -- Kunjungan wisatawan mancanegara dan rombongan anak sekolah yang terhenti akibat pandemi menjadi pukulan bagi Saung Angklung Udjo (SAU). Salah satu ikon wisata Kota Bandung tersebut kini terancam tutup.

Hal tersebut dikarenakan mayoritas pendapatan mereka yang diperoleh lewat tiket kunjungan saat ini merosot tajam. Dari kunjungan per-hari yang bisa mencapai 2.000 orang, sekarang tak sampai puluhan orang per-minggu.

Namun, hal tersebut tak lantas membuat pusat belajar angklung yang terletak di Jalan Padasuka tersebut berhenti beroperasi. Hingga saat ini, produksi berbagai jenis angklung masih berjalan meski pertunjukan urung digelar.

Yayan Mulyana, anak keenam Udjo Ngalagena adalah salah satu yang masih rutin 'menyulap' bilah-bilah bambu menjadi satu set Angklung. Ditemui di saung kecil tak jauh dari lapang parkir SAU, Rabu (27/1/2021), Yayan nampak tengah mengawasi karyawannya merangkai angklung ke dalam rak bambu.

Situasi di saung 3x3 meter siang itu tampak cukup ramai, masing-masing orang disibukkan dengan pekerjaannya. Ada yang memotong bambu, memastikan suara dari setiap angklung, hingga menyusun angklung sesuai urutan nada.

Meski tampak ramai, kondisi tersebut jauh lebih sepi dibanding situasi normal. Yayan menyebutkan, mereka adalah perajin bambu yang tersisa setelah mayoritasnya di-PHK akibat pendapatan SAU yang merosot.

"Sekarang yang bekerja tinggal tiga orang ini. Sebelumnya ada sampai 25 orang," ungkapnya

Dia mengatakan, produksi angklung masih terus berjalan karena hingga saat ini masih terdapat sejumlah pihak yang memesan angklung untuk dikirim. Selain itu, dia juga menyediakan jasa reparasi angklung.

"Ini sedang memperbaiki angklung yang rusak. Untuk yang beli masih ada saja sih," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Kota Bandung Raih Juara Umum MTQ Jabar 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:15 WIB
X