CERITA ORANG BANDUNG: Andri Perkasa Kantaprawira Aktivis Gerakan Sunda

- Senin, 23 November 2020 | 12:01 WIB
Andri Perkasa Kantaprawira.
Andri Perkasa Kantaprawira.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Kang Andri, begitu ia akrab dipanggil. Lelaki yang berperawakan kurus, tinggi, murah senyum, berkacamata, dan selalu mengenakan iket Sunda itu tampak menjadi orang yang paling sibuk di Panitia Pra Kongres Sunda.

Ia selalu cepat menghubungi para wartawan lewat whatsapp, dan selalu jadi host gempungan para inohong Sunda di Sekretariat Kongres Sunda, Perpustakaan Ajib Rosidi, Jalan Garut Bandung.

Tampak ia menguasai masalah dan dekat dengan para wartawan.

Siapa sih, pemuda berkulit putih kerempeng yang murah senyum itu?

Namanya Andri Perkasa Kantaprawira. Ia menjabat sebagai panitia SC (Steering Committee) berlangsungnya Kongres Sunda 2020. Kang Andri--di sela-sela kesibukannya mempersiapkan Sawalamaya “Merumuskan Strategi Kebudayaan Sunda: Strategi Penthahelix Digitalisasi Budaya” Pra Kongres Sunda 2020, Kamis (19/11/2020) bersedia ngobrol lewat WhatsApp dengan ayobandung.

Akhir-akhir ini Andri sibuk menggelar gempungan  Pra-Kongres Sunda---terutama soal isu yang menimbulkan pro dan kontra dan panas di media, yakni  “Wacana Penggantian Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Sunda atau Tatar Sunda”.

Menurut keponakan Prof. Rusadi Kantaprawira ini, Kongres Sunda 2020 adalah sebagai tanggung jawab moral seluruh komponen Sunda saat ini untuk memberikan solusi terbaik atas tiga persoalan.

Pertama, merumuskan tangtungan Sunda, sebagai tindak lanjut dari Kongres Bahasa dan Sunda">Budaya Sunda yang sudah dilaksanakan yang semua itu akan menjadi landasan kuat dalam rangka ngaronjatkeun harkat martabat urang Sunda di masa depan.

Kedua, persoalan sosial-ekonomi yang bermuara pada pengelolaan tata ruang dan agraria, tegasnya dengan menghentikan alih fungsi lahan pertanian dan perkebunan menjadi area industri atau infrastruktur yang tidak mendesak.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Waspada, Ini Daerah Rawan Pohon Tumbang di Bandung

Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:56 WIB

Peserta PTM di Bandung yang Terpapar Covid Bertambah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:02 WIB

Atlet Cemas Tak Dapat Kadeudeuh dari Pemkot Bandung

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:15 WIB

PTM di 12 Sekolah di Bandung Dihentikan Sementara!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:13 WIB

Ini 2 Potensi Jabar dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:32 WIB

Kota Bandung Resmi Masuk PPKM Level 2

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:00 WIB
X