Kecamatan Kiaracondong, Wilayah dan Penduduknya Terkini

- Kamis, 1 Oktober 2020 | 09:45 WIB
Stasiun Kiaracondong.
Stasiun Kiaracondong.

KIARACONDONG, AYOBANDUNG.COM -- Kiaracondong">Kecamatan Kiaracondong merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di Kota Bandung. Menurut data.bandung.go.id yang dimuktahirkan pada 8 September 2020, jumlah penduduk mencapai 130.347. Namun data tersebut tidak memerinci secara detil jumlah penduduk per kelurahan. 

Kiaracondong">Kecamatan Kiaracondong terdiri enam kelurahan yaitu Kebon Kangkung, Sukapura, Kebon Jayanti, Babakan Sari, Babakan Surabaya, dan Cicaheum. Sukapura adalah kelurahan yang terluas (280,70 Km persegi) atau mencakup 45,79% dan yang terkecil Kebon Jayanti (27,50).

Merujuk dokumen Kiaracondong">Kecamatan Kiaracondong dalam Angka yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Kiaracondong, yang wilayahnya berada di ketinggian 488-685 meter di atas permukaan air laut, terdiri dari 82 Rukun Warga (RW) dan 592 Rukun Tetangga (RT). Kelurahan Babakan Sari menjadi penyumbang terbanyak dengan masing-masing 18 RW dan 146 RT.

Stasiun Kiaracondong
Salah satu ikon dari Kiaracondong">Kecamatan Kiaracondong adalah Stasiun Kiaracondong yang kerap disebut Stasiun Kircon.

Stasiun kereta api kelas besar tipe C ini khusus dipergunakan untuk kepergian dan kedatangan kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan menengah. Stasiun Kiaracondong adalah titik ujung timur jalur rel ganda kawasan Bandung Raya yang membentang dari Padalarang hingga Cicalengka.

Stasiun Kiaracondong merupakan salah satu heritage Kota Bandung. Menurut dokumen KAI heritage, tidak diketahui secara pasti kapan stasiun yang berada di ketinggian +681 m ini dibangun.

Stasiun Kiaracondong pada awalnya merupakan sebuah stooplats atau halte kecil. Pada tahun 1898 sudah terdapat jadwal perjalanan kereta api yang singgah di Stooplats Kiaracondong

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X