Tukar Uang Rp75 Ribu, Warga Bandung: Untuk Dikoleksi

- Selasa, 18 Agustus 2020 | 12:07 WIB
Warga bandung menunjukkan pecahan Rp75 Ribu.
Warga bandung menunjukkan pecahan Rp75 Ribu.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Bank Indonesia (BI) resmi menerbitkan uang rupiah edisi khusus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia. Uang rupiah edisi khusus yang diterbitkan BI adalah uang lembaran Rp75.000. Ini menjadi momen langka mengingat BI biasanya mengeluarkan rupiah edisi khusus berbentuk koin.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat (KPw BI Jabar) Jalan Braga, Kota Bandung, puluhan masyarakat sejak pagi mulai memadati  lapangan parkir yang dibuat sebagai lokasi antrean penukaran, Selasa (18/8/2020).

Karina (25) salah satu masyarakat yang ikut menukarkan uang mengaku sengaja melakukan registrasi penukaran untuk bisa mendapatkan uang edisi khusus Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI).

Untuk diketahui, UPK 75 Tahun RI ini dapat diimiliki oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), melalui mekanisme penukaran uang Rupiah pada aplikasi berbasis website di tautan https://pintar.bi.go.id.

Satu KTP berlaku untuk satu lembar UPK 75 Tahun RI. Karenanya, Karina mengakui sengaja cepat memesan agar tidak kehabisan.

"Nuker ini buat ngoleksi sih, karena langka kan? Sekali-kalinya dikeluarin pas 75 tahun, Rp75.000. Langka banget kan ini, momen langka, jadi ya antusias juga," kata Karina usai menukarkan uangnya, Selasa (18/8/2020).

Mahasiswa S2 Institut Teknologi Bandung (ITB) itu juga mengaku, mendapatkan informasi mengenai penukaran uang edisi HUT Ke-75 RI ini melalui media sosial. 

Karina juga mengaku sengaja menukarkan uang untuk dikoleksi secara pribadi. Dia ingin mengapresiasi sekaligus wujud rasa syukurnya atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Harapannya semoga dengan dikeluarkan uang Rp75.000 sebagai pengingat bahwa Indonesia udah mencapai 75 tahun, merdeka 75 tahun, dan ini jadi semangat masyarakat Indonesia untuk selalu memperjuangkan kemerdekaan," ujar Karina.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X