Warga Bandung Berbondong-bondong Tukar Uang Rp75 Ribu

- Selasa, 18 Agustus 2020 | 11:20 WIB
Uang kertas nominal Rp 75 ribu sebagai Uang Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75
Uang kertas nominal Rp 75 ribu sebagai Uang Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bank Indonesia mulai membuka layanan penukaran uang pecahan Rp75 ribu yang dibuat untuk memperingati HUT RI ke-75. Berdasarkan pantauan di Kantor Bank Indonesia (BI) Jawa Barat Jalan Braga Kota Bandung, puluhan masyarakat terpantau memadati  lapangan parkir yang dibuat sebagai lokasi antrean penukaran, Senin (18/8).

Karina (25 tahun) salah satu masyarakat yang ikut menukarkan uang mengaku sengaja daftar untuk bisa mendapatkan uang Rp75 ribu. Karena satu KTP hanya bisa mendapat satu, ia pun cepat memesan agar tidak kehabisan.

"Ini buat koleksi saja. Kan kita sekarang 75 tahun kemerdekaan makanya saya ambil sebagai bentuk peringatan juga. Antusias banget karena ini kan langka," ujar Karina usai menukarkan uangnya, Selasa (18/8/2020).

Sementara salah satu pengkolektor uang, Iwan Ridwan ikut mengantri untuk koleksi pribadi. Ia mengaku selama ini memang mengkoleksi nominal yang langka atau uang zaman dulu yang tidak akan keluar lagi.

Iwan mengatakan, dalam koleksinya sudah ada satu set uang rupiah bergambar Sukarno. Kemudian ada uang logam yang dikumpulkan sejak 1954.

"Motivitasi pribadi ini memang untuk koleksi saya saja. Karena memang sudah punya banyak koleksi uang," kata Iwan.

Kepala BI Kantor Perwakilan Jawa Barat, Herawanto, minat masyarakat Jawa Barat (Jabar) untuk mendapat uang nominal Rp75 ribu membludak. Dalam penukaran yang dilakukan BI Jabar, kata dia, setiap hari hanya diperbolehkan 150 orang saja.

Selain itu, kata Herawanto, sistem penukaran pun dibatasi waktunya dalam satu hari, dari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB. Setiap mereka yang mendaftar akan mendapatkan pemberitahuan jam berapa bisa melakukan penukaran.

"Uang ini bisa digunakan untuk transaksi jual beli, tapi sayang saja dapatnya saja susah," kata Herawanto.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Lokasi Ganjil Genap Bandung Ditambah, Catat Titiknya!

Kamis, 2 Desember 2021 | 13:02 WIB

Pedagang Kaki Lima: Dapat Durian Runtuh di Demo Buruh

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:57 WIB

9.000 ODHA Belum Terdata Dinkes Kota Bandung

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:41 WIB

Hujan Deras Guyur Gedung Sate, Buruh Tetap Bergeming

Selasa, 30 November 2021 | 14:58 WIB
X