Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia

- Senin, 17 Agustus 2020 | 12:08 WIB
Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia
Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia

REGOL, AYOBANDUNG.COM -- Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng turut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75 tahun. Terlihat puluhan sepeda antik yang tampak usang dan tua berjajar di sekitaran Alun-Alun Kota Bandung, Senin (17/8/2018).

Ketua Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng, Romli, mengatakan paguyuban sepedah ini sangat cinta akan nasionalisme. Terlihat sekelompok pria yang menggunakan pakaian ala zaman Belanda dan adat Sunda yaitu pangsi, tampak berjajar di hadapan sepeda tua tersebut.

"Rasa memiliki dari teman-teman dimomomen kemerdekaan ini dan rasa cinta kepada negara ini. Meskipun memang pemerintah melarang untuk kumpul-kumpul. Namun kita tetap mengutamakan protokol kesehatan," ujarnya kepada Ayobandung.com, Senin (17/8/2020).

Tak hanya itu, Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng pun melakukan iring-iringan mengitari kota Bandung.

"Tadi pagi kami iring-iringan mengelilingi kota Bandung, Mulai dari Alun-Alun Kota Bandung, kemudian ke braga, lalu lanjut lagi ke Jalan Perintis Kemerdekaan, lalu ke Jalan Merdeka, kemudian ke Jalan Kosambi dan ke Jalan Lingkar Selatan," jelas Romli.

Romli menjelaskan, Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng terdiri dari 1040 anggota yang terdaftar. Namun, hanya sebanyak 100 sepeda onthel turut serta dalam iring-iringan tersebut.

Komunitas sepeda onthel ini sudah berdiri sejak 31 Januari 2005, tujuan adanya komunitas sepeda ini ingin melestarikan sepeda tua.

"Karena memang kalau di Bandung komunitas sepeda onthel cuma kita aja Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng. Kalau di beberapa kota lain mungkin ada beberapa komunitas, namun kalau di Bandung hanya kita saja," tuturnya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X